nhk

Tips Motor; Merawat Jok, Cukup Air Dan Minyak Goreng

 

ManiakMotor – Jok motor setiap hari terkena panas, debu dan gesekan bokong. Ya lama-lama kulit joknya menipis, kusut dan kusam. Makanya dirawat, toh kan mudah, apalagi jok  dari calp spon atau kulit sintetis.

Merawatnya dilarang menyemir jok dengan semir sepatu. Ya iyalah, semir kan item, calana  sampeyan bisa kotor, hehe. Maksudnya, jok yang disemir sepatu saat kena air akan menyebabkan keretakan pada spon jok.

Kimia semir sepatu sifatnya menyatu dengan kulit. Saat kering akan mengeras dan ikut menarik jok. Beda lagi bahan pengilap ban dipakai untuk jok, jangan coba-coba deh. Pantat sampeyan akan licin dan mudah terpeleset saat pengereman, bahaya.

Coba dengan anjuran Andi sang pemilik Andi Jok Sport (AJS). Katanya untuk merawat dan membersihkan jok  motor cukup pakai kain bersih. Lalu, kain dibasahi campuran minyak tanah dan minyak goreng.  “Gosokan lap ini pada permukaan jok, langkah ini sebenarnya telah membuat jok bersih,” jelas Andi yang  markasnya di Jalan M. Kahfi II No. 4 samping perumahan Casamora, Jakarta Selatan.

Campuran minyak tanah dan air tersebut juga bisa mengusir noda pada jok. Caranya hanya menggosokan kain lap pada noda dengan perlahan hingga bersih. Selanjutnya, menjaga jok tetap awet jangan sering-sering dijemur. Usahakan di perkir di tempat teduh. Rud

BACA JUGA

Tips Motor; Cari Top Kompresi, Main Raba Klep, ‘Sederhana’..!

Tips Motor: Jangan Salah Pasang, Piston Itu Tidak Bulat..!

Tips Motor; Apa itu Ban Vulkanisir? Jangan Dipakai, Bahaya..!

Tips Motor: Perbedaan Pin Koneksi CDI Satria FU150 Old Dan New Satria FU150

 

BAGIKAN