nhk

Tips Motor; Merawat-Mencegah Sederhana Kenalpot-Knalpot Racing Harian Tetap Joss

 

 

ManiakMotor – Kenalpot racing harian modern modelnya sudah slip on, bagian per bagian bisa diurai dan dirawat. Sambungan-sambungannya ada yang menggunakan baut dan per. Ada juga yang memakai klem, toh boleh dibuka. Fungsinya untuk rutinitas perawatan sekaligus mengganti glasswoll sebagai peredam suara.

Bagi Dodo dari Dodo Motor yang terkenal dengan kenalpot racing 4-tak yang logonya CLD, melemahnya performa kenalpot racing 4-tak sebagian besar peredam bacot, eh suara. “Peredam mengeras dan tak mampu menjadi bagian pengolah gas buang. Gas buang sudah tak singgah lagi dalam tabung silincer tapi langsung terbuang,” jelas Dodo yang bermarkas di Cileduk, Tangerang, Banten tersebut.

Kalau sudah begitu, ciri-cirinya selain bensin boros, juga tenaga akan sontoloyo. Suara juga jadi Iwan, maksudnya  fals, cempreng. Lha wong, gas buangnya lepas. Gas buang sudah tak bergasing semestinya dan sebagian tak kembali ke ruang bakar, untuk membantu pembakaran ulang.  “Kemampuan kenalpot tadinya bisa menaikkan performa 20 ke atas, akan terkuras lebih dari separuhnya,” timpal Indrawan yang negtop memproduksi kenalpot racing WRX di Cikupa, Tangerang, Banten. 

Ada dua penyakit utama peredam bisa cepat kalah dan mengeras. Pertama kenalpot sering kemasukan air saat mencuci motor dan musim hujan. Musim hujan genangan di mana-mana bro, seperti sekarang ini hujan deras di mana-mana. Apalagi genangannya sudah melewati moncong kenalpot dan pas di genangan mesinnya mati, air dengan mudah tersedot.

Air akan merapatkan pori-pori peredam saat mengering dengan instan akibat dari panas mesin. “Ya sudah mengeras tuh glasswoll. Fungsinya hilang. Jadi, jangan sering kenalpot racingnya kemasukan air, ya brosist,” pesan s Dodo yang bilang bila kenalpot racing harian berkualitas, glasswol-nya bisa bertahan setahun dengan catatan bebebas air tadi.

Yang kedua adalah oli. Nah ini, banyak yang salah kaprah. Katanya kenalpot 4-tak harus diawetkan dengan mengisi oli. Ya memang untuk kenalpot standar bisa, tapi racing jangan sampai mengenai peredam suaranya. Minyak oli akan merapatkan serabut glasswoll dan akhirnya mengeras. 

Hati-hati juga bagi oli mesin yang bocor lewat pembakaran. Miisalnya sil klep koyak atau ring seher sudah lemah. Nah olinya akan dibuang lewat kenalpot. Ya, pastilah akan diserap oleh peredam. Akibatnya, gas buang tidak akan bertubulensi lagi pada tabung silincer, namun langsung ke atmosfer. Maksudnya ke udara bebas, bro. Itu yang disebut atmosfer. MM   

BACA JUGA

Mengenal Glasswool, Fungsi Peredam Suara Kenalpot

Tips Motor; Karburator PE Vs PWK Untuk Liaran Dan Drag Bike

Tips Motor; Cek Busi Injeksi, Waspadalah Kebakaran

Tips Motor; Pasang Kopling Manual Yamaha Jupiter Z1

Tips Motor; Piston ‘Dome’ Jenong Dari Las Argon, Murah Kencang!

 

 

 

   

 

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353