nhk

Tips Motor; Merawat Tutup Tangki, Bersihkan Saluran Pernafasan

 

 

ManiakMotor – Ini tips sangat mudah. Hanya cerita tutup tangki. Saking mudahnya bisa dilakukan sendiri, justru mengesalkan bila terjadi di motor sampeyan. Kesel deh. Lha wong, bensin bisa melumuri sekitar tangki dan kalau bahan bakarnya diisi penuh sering meluber ke bodi motor.

Nah itu hanya masalah karet tutup tangki sebagai silnya ada yang sobek, kendur dan sebagainya. Paling mudahnya ganti baru tutupnya, banyak dijual kok. Gampang kan. Opa-opa yang nggak ngerti juga bisa beli di toko. Tapi kan tetap butuh pengecekan. 

Apalagi tutup tangki bahan bakar bukan hanya sebagai penutup. Lebih dari itu berfungsi juga sebagai jalur pernafasan bahan bakar yang mengalir dari tangki ke karburator dan sekarang sudah musum injeksi.Jika sampai saluran pernafasan yang hanya sebesar jarum di tutup tangki tersumbat, sopasti no (kata orang Manado),  terjadi kevakuman di dalam tangki. Itu bensing nyanda mengalir.

Banyak coy, motor koit mendadak karena masalah itu.Setelah dilakukan pengecekan baru ketahuan, sebabnya saluran pernafasan pada  tutup tangki tersumbat kotoran,”buka Edi Santausa dari Shan Motor Sport (SMS) di Jln. Tentara Pelajar, Banjarnegara, Jateng.

Memastikan gangguan tersebut juga mudah. Ya nggak susah. Siapa pun bisa. Caranya hidupkan motor dengan tutup tangki terbuka atau dilepas. Jika mesin hidup normal, saat tutup tangki dipasang dan mesin mati atau berubah, sudah jelas masalah dari tutup tangki yang tersumbat.

Tinggal lepas tutup tangki selanjutnya dibersihkan saluran pernafasan yang tersumbat tersebut. “Untuk membersihkan kotoran yang menutup saluran pernafasan tersebut kita bisa menggunakan udara bertekanan. Atau lubang kecil digali-gali atau dikilik-kilik dengan lidi juga bisa,” tutup Edi.

Makasih tipsnya bro! Ardel

BACA JUGA

Komponen YMJET-FI; Manajemen Tenaga Dan Bahan Bakar

Tips Motor; Tuas Rem Cakram Berat, Awas Debu dan Air!

Tips Motor; Saluran Pernafasan Karburator, Biar Lega Di Musim Debu

Bedanya YMJET-FI Dengan Fuel Injection?????

 

 

BAGIKAN