nhk

Tips Motor: Modifikasi Kaki-Kaki ‘Sederhana’, Perhatikan Langkah ini

ManiakMotor – Modifikasi kaki-kaki, walau kecil epeknya banyak terhadap motor. Pengaruhnya pada handling, manuver, sampai speed atau kecepatan motor.Kalau salah menerapkan sampeyen akan gelian dan tertawa kesal, itu saking getarnya.

Kaki-kaki tentu yang disebut roda, suspensi dan perintalannya. Di situlah kunci kenyamanan bermotor. Makanya teliti sebelum membeli, maksudnya memodifikasi kaki-kaki walau hanya sederhana.

“Syarat yang harus dilakukan memilih atau membeli komponen kaki-kaki yang ori atau merek-merk terpercaya, bukan abalabal. Percuma ngikutin cara dan step, bila syarat yang satu ini belum terpenuhi. Yang ada hanya akan menang penampilan,” ujar Rudy Gunawan, builder rumah  modifikasi Berkat Motor (BM) di Jl. Raya Ciledug, Tanggerang, Jawa Barat.

Rudy memang tukan modif yang prioritasnya kaki-kaki dan makanan sehariannya dalam dua decade terakhir. Katanya, setelah syarat di atas terpenuhi, tinggal hitung bugedting. Bila kurang dana dan hanya memiliki pulus Rp 5 juta, misalnya, lebih baik kaki-kaki yang diubah atau dimodif cukup pelek alias velg dan lengan ayun, jangan ngarep lebih. Syukur-syukur pelek limbah moge sudah terpasang cakramnya. Itu kalau lagi mujur.

Bugedting atau keuangan sudah oke, tinggal pilih sparepart kaki motor yang berkualitas. Bagi  Rudy yang sudah berpengalaman, spare part yang kualitas bagus dan paling savety itu berasal dari pabrikan motor sendiri.

Pokoknya jangan main-main dengan pelek yang nggak jelas mereknya. Yang ada motornya bisa geol-geol.  Bisa dibilang copotan dari motor lain untuk dipasang ke motor yang ingin dimodifikasi. “Bugedting minimal Rp 20 jutalah  untuk dapat barang yang bagus, limbah moge muahal bos tapi kualitas terjamin. Soalnya dari barang pabrikan bikinnya presisi, kitanya tinggal pasang yang benar,” tambah Rudy.

Untuk mengganti suspensi motor, Rudy masih menyarankan ambil punya motor lain saja, walaupun pake yang bermerk  belilah yang berkualitas, misalnya kaya OHLINS yang banernya ada di portal ini. Perhatikan pula ukuran sokbreker  dengan bobot si motor, harus disamakan agar berfungsi  secara maksimal.

Begitulah sesederhana kaki-kaki yang berkualitas, di atas Rp 5 juta. Maklum kaki-kaki macam betis padi si gadis. Prat

BACA JUGA

Tips Motor; Ganjal Per Karbu Vakum, Obat Boros Di Kota, Modal Rp 2 Ribu

Pakai Knalpot ProSpeed TX Titanium Series di Husqvarna 500cc, Power Naik 1 DK

Staubli Aksesoris Keren Dari Rem MotoGP, Coba Deh!

Tips Motor: Cara Sederhana Bikin Kinerja Karburator Vakum Meningkat

Tips Motor: Cara Pasang Hidrolik Jok, Terangkat Sendiri, Modal Rp 25 Ribu..!

 

 

BAGIKAN