nhk

Tips Motor: Musim Hujan Justru Makin Rajin Cuci Motor, Hingga Kinclong Cuma Rp 1000

 

 

ManiakMotor – Musim hujan begini motor gampang kotor. Kotor oleh genangan atau oleh air hujan itu sendiri. Bila nggak segera dicuci, awas karatan. Air hujan yang mengandung asam, apalagi di dekat laut sudah campuran dengan garam. Air jujan itu akan merusak permukaan cat yang jadi belang dan memudar warnanya.

Ayo buruan harus segera dinetralkan oleh air bersih. “Lebih asyik lagi gunakan sabun pencuci piring untuk membersihkan, dijamin aman untuk cat. Itu bekas air hujan asamnya diusir,” kata Wahyu dari satu jasa pencucian motor di Cinere Raya, Depok, Jabar.

Katanya dia sudah lama menggunakan sabun untuk pencuci piring. Alasannya, kimia sabun pencuci piring nggak sekeras sabun pencuci pakaian dan sabun lainnya. “Kena tangan halus ibu rumah tangga aman-aman saja tuh, itu bila dibanding sabun pencuci pakaian tangan bisa mengelupas dan gatal,” tambah Wahyu.

Masih kata dia dan dicoba langsung pada motor reporter, bekas air genangan hujan dan asam yang melekat pada cat memang mudah netral. Makanya motor reporter yang sudah dua minggu nggak kena cuci sudah kinclong tuh. Lagian sabun ini hanya Rp seceng alias 1000 untuk satu saset. Itu bila dibanding sabun khusus pencuci motor yang harganya di atas Rp 25 ribu dan jangan-jangan dari sabun pencuci piring.

Cara-cara mencuci motor yang seperti umumnya mencuci. Larutkan sabun pada wadah, lantas untuk membasuh bagian-bagian yang kotor.  Dimulai dulu dari kaki-kaki dan kolong motor, tujuannya spon pencuci fokus pada kaki-kaki yang biasanya banyak lumpur berpasir. Usai dari kaki-kaki baru ke bodi dengan mencuci spon lebih dulu agar pasir dari kaki-kaki tidak terbawa ke bodi. Hati-hati bila spon tak dicuci dulu, pasir bawaannya akan menggores cat bodi.

Diingatkan juga usai dibasuh dengan larutan sabun pencuci piring segera disiram air bersih. Lantas lihat hasilnya, bisa ngaca. Rzk

BACA JUGA

Tips Motor: Cara Sederhana Sekali Lepas Stiker, Usir Bekas Lem Dan Belangnya

Tips Motor: Merawat Fitur Parking Brake Lock

Piston Moto 1 Racing: Seher Lahir Dari Riset Liaran. Liaran Sebentar Lagi Legal..!

Tips Motor: Kode Bearing/Laher Pastikan Sesuai Peruntukan

Tips Motor: Begini Caranya Mengatasi Rem Bergetar Saat Direm

 

 

BAGIKAN