nhk

Tips Motor: Nih Sebab Motor Duar… Duar… Nembak Knalpotnya

Knalpot Nembak-nembak

ManiakMotor – Duar… duar… gejala tembakan dari knalpot, karena pembakaran terputus dan balik lagi tiba-tiba. Bisa dari pengapian dan bisa pula dari suplai pencampuran bahan bakar dan udara ke ruang bakar. Semprotannya tersendat-sedat.

Tapi mari disempitkan dulu pada soal bahan bakar, itu pun yang disuplai oleh karbu vakum. Karena pada karbu ini gejalanya sudah sering kejadian, duar, platak. “Tuh barusan ada FU150 yang keluhannya sama, knalpot nembak. Padahal itu hanya urusan kecil soal karet vakum karbu,” kata Nasar dari Berkat Motor di JL Raya Cinere, Depok, Jabar.

Makanya sebelum era injeksi, perhatikan motor-motor yang sempat tenar dengan karbu vakum. Tentu saja motor-motor itu masih banyak berseliweran dan semuanya masih layak pakai. Misalnya FU tadi atau dari turunan Yamaha ada Scorpio dan matik Mio. Juga Honda pada beberapa matiknya. Ya kasusnya sama.

Pokoknya kalau sudah ada duar-duar, duar… curigai saja karet vakumnya nggak bekerja maksimal memvakum skep bersama jarumnya turun-naik. Maksudnya sudah seharusnya jarum skep terangkat eh kembali turun karena vakumnya bocor. Terangkatnya nggak serentak. “Kalau sudah bocor, ya harus diganti pasti gejala itu hilang,” tambah Nasar. 

Ok deh info singkatnya tapi bermanfaat. MM

BAGIKAN