nhk

Tips Motor: Nih Yang Cepat Bikin Aus Kampas Kopling, Bukan Cara Berkendara

Susunan Kopling-1

ManiakMotor – Penyebab kampas kopling cepat aus, sumber utamanya saat merakitnya.  Tentu saja usai bongkar dan pasang, juga ganti baru.  “Banyak sumber yang menyatakan penyebabnya tipikal berkendara, kualitas pelumas dan kampas. Bukan semuanya karena itu,” kata Robert Chong, juragan SYS merek kopling yang ngetop dengan enam per itu.

Prhatikan posisi lingkar luar pelat koplingnya. Kalau kampas bolak-balik nggak masalah. Tapi kalau pelat jangan sampai salah, itu penyebab permukaan kampas tergerus sampai aus. Kalau sudah aus, ya ganti. Lha wong tenaga nggak bisa diantar sampai ke roda.

Perhatikan posisi lingkar luar, ada yang bentuk sisinya agak bundar dan lainnya bersiku lebih tajam. Jika tidak mau boros kampas kopling, hindari susunan saat memasang terbalik. Jika terjadi,  ketika posisi kopling bebas, pelat malah menggerus sampai terkikis kampas koplingnya.

Urutan pemasangannya cukup perhatikan bagian lingkar luar siku yang tajam atau bundar yang diarahkan atau diposisikan ke dalam. Hindari kedua bentuk tersebut saling berhadapan.

“Hindari pemborosan kampas kopling karena kesalahan pemasangan kedua bagian yang bersiku tajam dan bagian bundar itu. Baru setelah itu pakailah pelumas dengan kualitas sesuai kendaraan dan perbaiki cara berkendaranya,” timpal  Andri Bule, Mekanik Bulls Speed, Bekasi.

Ada lagi yang tak kalah penting dari semua itu. Sebelum memasang kampas kopling, silakan direndam dulu dengan oli. Boleh menggunakan oli bekas. “Dengan cara redam ini, kampas kopling akan lebih padat dan langsung menyatu dengan pelat. Jauh lebih awet bila tak direndam. Untuk merendamnya cukup 1 jam sebelum dipasang,” tambah Wibowo, mekanik 96 Motor. MM

BAGIKAN