nhk

Tips Motor: Pakai Frame Slider Aman Berkendara, Bukan Sekadar Aksesoris!

 

ManiakMotor – Motor teman sendiri pakai frame slinder (FS), tapi doski sendiri  tahunya itu aksesori pemanis. FS memang manis kelihatan terpasang pada motor. Singkatnya si teman itu, beda dengan sampeyan yang tahu persis fungsi FS.  

FS digunakan untuk motor sport dan moge, kalo bebek mungkin ada tapi gak pernah lihat tuh. “Fungsi alat ini ada dua, yang paling utama adalah safety buat motor dan pengendaranya. Baru selanjutnya untuk pemanis,” kata Hendry Suandy dari Greentech di Riau yang menjual motor sport dari kelas 150 sampai moge yang juga pangsa pasar FS.

Disebut safety buat motor, kalau jatuh pelan alat ini masih bisa melindiungi bodi dan rangka motor. Saat motor meluncur di aspal ketika jatuh FS masih sebagai landasan untuk meluncurkan motor. Namanya juga slinder. Jadi, bodi rangka dan mesin cenderung aman. Itu kalau jatuh pelan, kalau jatuh kencang ya, gimana gitu.

Bahkan tempo dulu FS dari pipa besi yang berbentuk hati dipasang dari komstir sampai dudukan mesin. Saat terjatuh, bodi motor masih terlindungi. “Sekarang bukan hanya satu bagian yang dipasangi FS. Bahkan as roda sudah slider yang disebut axle slider,” tambah Hendry.

Makanya jangan sembarang beli FS. Umumnya pakai bahan aluminium no.7 yang kuat dan tergantung harga. Bahkan ada plastic kualitas nomor satu yang model slidernya seperti pengalas dengkul baju balap malahal, tak mudah hancur namun punya daya meluncur. Maksudnya saat motor jatuh dia mampu bikin slider dengan bodinya. Jadi bodi motor dan rangka aman.

Selanjutnya, FS tempo dulu meang dirancang lebih ekstrem. Fungsinya bikin badan tak ikut terjepit di antara motor saat menggesek aspal. Yang saat ini dijual belikan hanya mencegah kaki tak ikut digesek aspal saat jatuh. Itu pun kalau jatuhnya pelan, hehe.

Buat sampeyan yang punya motor Sport atau Moge, silakan coba pasang alat ini ke motor sampeyan. Selain buat gaya, savety ridingnya pun juga dapet. Untuk kisaran harga di pasaran antara Rp 300 ribu sampai Rp 2.5 jeti sepasang. Prat

BACA JUGA

 Tips Motor; Ganti Ban Dalam Vario CBS PGM-FI Sendiri, ‘Obat’ Turun Kolestrol!

Tips Motor; Tabel Shim Celah Klep Suzuki FU, Lengkap Tuh..!

Tips Motor: Karburator Sudco, PE, PWK, TM Dan PJ. Apa Bedanya..?

Tips Motor: Mengatasi Honda Vario Gampang Mati, Nggak Mau Langsam

Tips Motor: Ganti Knalpot Racing Pada Motor Injeksi

BAGIKAN