nhk

Tips Motor; Paking Kertas Imitasi, Mesin Rontok..!

paking kertas-1

 ManiakMotor – Jangan anggap sepele peranti satu ini. Tugasnya sebagai sekat bagian yang bisa dilepas macam blok silinder, karter,  bak mesin sampai kepala silinder. Itu dia paking, terutama model kertas, hati-hati banyak yang imitasi. Kualitas kertasnya juga perlu diuji.

Abal-abal ini bakal kendur, peot, pesek dan mengkerut saat kena panas terus-terusan lalu kembali dingin. Ikatan-ikatan baut juga ikut kendur saat kertas ini menyusut. Yang ada mesin sampeyan akan ingusan oleh oli. Basah di mana-mana.

Setiap tipe dan merek motor mempunyai ketebalan masing-masing ukuran paking. Untuk karter misalnya antara 0,2 mm sampai 0,5 mm. “Sama juga dengan paking blok silinder bagian bawah, jika salah atau mengkerut dari ukuran sebenarnya akan memengaruhi kompresi. Mesin jadi panas dan boros dong,” ujar Sopian, mechanic di Cibubur, Jakarta Timur.

Ini pengalaman sendiri bro. Beli paking 0.3 mm dalam bentuk kertas buta, maksudnya paking dibikin sendiri. Dipakai buat kepala silinder dan blok, eh tiga hari kemudian pada longgar tuh baut-baut silinder. Kertasnya nggak kuku, ya nggak kuat tahan panas.

Mendeteksi paking kurang kuat ini gampang. Saat tergencet kedua bagian sisi akan melebar. Hati-hati juga dengan melebarnya paking, ia akan menutupi jalur oli. Kalau sudah cerita oli, itu sudah sodaranya rontok, tok, tok. “Bahan dasar gasket imitasi dibuat dari kardus kemasan produk, ini banyak ditemui di pasaran,” kata Kris alias Genceng dari Standard Motor di bilangan Kebagusan, Jakarta Selatan.

Yang asli campuran kertas dan bubuk asbestos yang tahan panas. Malah semakin panas semakin lengket pada kedua sisi.  Juga orisinal tidak gampang sobek. Kalau hanya asli-aslian belinya di bengkel resmi. Unuk gasket full set Yamaha Mio yang tulen Rp 85 ribu sementara yang imitasi ada yang Rp 40 rebu atau di bawahnya.

BAGIKAN