nhk

Tips Motor; Part Ori Jauh Lebih Murah Dari Orisinal…?

 

 

ManiakMotor – Ini komponen dijamin sama dengan original part-nya, bukan barang KW atau abal-abal yang dikemas mirip aslinya. Sebaliknya, suku cadang ini  malah tanpa kemasan atau bahasa ngetopnya loose packing (LP). Ya, memang genuene part. 

“Saya sudah sering dapat barang LP, dan menurut pengamatan saya ini sama dengan aslinya. Saya sudah sering bandiingkan dengan kasat mata dan menggunakannya langsung,” ungkap pemilik toko spare part dan variasi motor di Selatan Jakarta yang ogah disebut namanya. Ia khawatir barang ini bocor dari pabriknya.

Barang LP ini bisa dibilang musiman alias tidak setiap saat tersedia, dan jenis partnya berbeda, saat ini yang sedang marak adalah kaliper dan master rem untuk matik dan bebek Yamaha. Portal ini langsung membandingkan dengan genueine part yang benar-benar mirip, dan saat disandingkan dengan part KW terlihat bedanya.

Seperti khasnya material bermutu, caliper dan master rem ori dan LP sama-sama memiliki kode part, warnanya pun lebih gelap dibanding dengan KW. Belum lagi cetakan yang mulus pada tiap lubang dan lekukan. Intinya itu barang yang sama persis, “Boleh jadi part LP dikeluarkan oleh vendor yang sama, bedanya disalurkan langsung ke pedagang tanpa di sortir untuk kemudian di kemas dengan label genunine part,” kata pria asal Jawa Tengah ini.

Harga yang dipatok untuk komponen LP jauh lebih murah, jika kaliper ori dijual dengan harga Rp 481 ribu maka yang LP hanya seharga Rp 175 ribu. Dan untuk master rem ori Rp 328 ribu swedangkan part LP dijual Rp 125 ribu. ”Tapi ada saja pedagang nakal yang jual komponen LP seharga pabrik. Untuk itu perhatikan apakah ada kemasannya atau tidak, jika tidak berarti itu LP,” wantinya. Adit

BACA JUGA

Tips Motor; Saat Hujan Pantau Tekanan Ban, Perhatikan Tire Ware Indicator

Tips Motor: Atur-Atur Paking Asbes Kenalpot

Tips Motor; Membersihkan Mika Rem, Cukup Sikat Langsung Clink

Tips Motor; Membersihkan Saringan/Sarangan Knalpot Racing Harian, Kembalikan Power 2 Dk

Tips Berkendara, Belok Hanya Lihat Spion Saja Tidak Cukup Bro

BAGIKAN