nhk

Tips motor: Pasang Cop (Karet Penutup) Busi Motor Matik ke Bebek, Ampuh Libas Banjir !

 

Maniakmotor – Musin hujan sudah datang, pastilah kambing lari. Maksudnya ayo siapkan kendaraan yang siap libas genangan air bila terpaksa. Kalau nggak terpaksa, jangan paksakanlah, kasihan motornya. Macam di ibukota Negara sampeyan, jangankan di jalanan di gang rumah saja ada genangan.

Khusus motor  bebek, namanya saja yang sepertinya doyan air. Tapi sejatinya bermasalah saat terendam air,  wek.wek..wek… Bebek memang suka ngambek saat  melibas banjir sebab kontruksi mesinnya tiduran. Tuh  jarak tanah ke busi tingginya nggak sampai dengkul.

Sudah barang tentu air  gampang menyelinap ke elektroda dan dioda busi sehingga mengganggu suplai arus listrik dari koil. Solusinya monggo  ganti cop atau cup atau karet penutup kepala businya dengan milik matik. Macam milik Yamaha Mio misalnya. 

Cop busi Mio dari pabrik konstruksinya memang tahan banjir. Sebab matik memang  punya ground clearence yang rendah. Makanya dari pabrik cop businya dibikin lebih panjang ketimbang punya bebek. Bahan karetnya kedap air, perhatikan saja saat ditancap pada kepala busi masuknya seret.  Itu artinya karet cup busi ketat dan ampuh buat libas banjir coyy!

Asiknya cup busi Mio bisa plek ke semua motor bebek, pasangnya juga mudah. Ya tinngal puntir sembari sikit tekan saat pasang ke kabel koil lalu ke kepala busi.   Soal harga juga nggak mahal-nahal amat, cukup sediakan selembar uang  Rp 50 ribuan ketimbang disiksa motor saat melibas genangan. Buruan mau hujan nih! GS

BACA JUGA

Tips Motor: Korek Rumah Roller Honda Beat, Ilmu Dari Drag Bike

Tips Motor: Atur Power Suzuki FU Lewat Bentuk Porting, From Mr Conk!!

Tips Motor: Korekan Rumah Roller Matik, Ilmu Drag Bike Buat Kohar

Tips Motor: Disetel Mekanik MotoGP, CBR250 Mas Ibud Jadi Tokcer

BAGIKAN