nhk

Tips Motor: Pasang Hand Grip Benar Pakai Pasir Bukan Oli, Ingat Itu..!

ManiakMotor – Hand grip atau alas tangan yang ada di ujung pipa setang, gunanya memang pelapis. Pelapis berselongsong ini, sudah banyak cara dan tpis yang bertubi-tubi ditulis, terutama memasang yang baru dengan karetnya yang masih alot. Paling mudah pakai air bersabun, supaya masuknya mudah, saat kering sabunnya ikut ngelem bersama karet pelapis pada pipa setang.

Itu yang di atas benar. Ada lagi dengan menggunakan oli, ini yang paling mudah memasukkan gripnya. Tapi dengan mudah juga tercabut, bila ada insiden tiba-tiba. Ya, namanya insiden juga kejadiannya tiba-tiba. Grip tercabut, kendali sampeyan pun jadi berantakan. Lha wong bukan setang lagi yang dipegang, tapi gripnya doang, ya cilaka.

Ada cara baru atau malah sampeyan sudah duluah tahu yang biasa dipakai di arena motocross oleh Pungki WS. Itu loh mantan crosser nasional dan sekarang jadi instruktur. “Di motocross itu hand grip selalu dinamis. Belok sana dan jatuh di sini, hand grip jadi tumpuan mengangkat motor. Eh, pakai pasir ternyata lebih kuat,” jelas Pungki yang bermarkas di Cikarang, Jabar itu.

Menurut Pungki, di motocross saja kuat, apalagi di harian. Katanya lagi, orang membutuhkan oli untuk memudahkan mendorong grip, pakai pasir juga sama, hand grip mudah terpasang di pipa setang dan selongsong gas. Bedanya, pakai pasir tudak mudah tercabut. 

Gunakan pasir yang halus, bukan yang kasar. Kalau kasar itu namanya kerikil, hehe. Isi karet hand grip dengan pasir dan tumpahkan yang kasarnya sembari digoyang dulu supaya pasirnya merata. Yang menempel pada dinding karet dalam hanya yang halusnya. Jangan lupa, pipa setang juga dilumuri pasir. Ya sudah tinggal pasang tuh hand grip yang baru nan perawan. Dan silakan main pasir. Rzk

BACA JUGA

Tips Motor: Maksud Kode Angka Pada Oli Sil…!

Kaca Spion RCB, Bahan Mewah Untuk Mengintip..!

Tips Motor; Saat Hujan Pantau Tekanan Ban, Perhatikan Tire Ware Indicator (TWI)

Tips Motor: Deteksi Sederhana Sokbreker Berfungsi Atau Mati…!


Warning: A non-numeric value encountered in /home/customer/www/maniakmotor.com/public_html/wp-content/themes/Newspaper/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353