nhk

Tips Motor: Pasang Kopling Manual SYS Pada Jupiter Z1, Tarikannya Kontan

 

ManiakMotor – Nih cara pasang bak kopling bersama rumah koling manual SYS pada Yamaha Z1. Kopling satu setnya ini membawa Fitrianyah Kete pecahin rekor di Sentul Kecil dengan Z1 Racing. Salah satunya karena pengantar dayanya yang bagus. SYS ditunjang enam per kopling pada rumah koplingnya. Antar kampas dekapannya rata.

Yang diceritakan ini cara pasangnya pada Z1 harian atau korek harian juga bisa. Gampang, lantaran modelnya plug and play. Tetap saja sediakan peralatan pendukung macam kunci sok, ring pas 8, 10, 12, 14, 19, gerinda dan bak penampungan oli. Kuras dulu olinya pakai kunci sok 19 di kiri perseneling. Sambil tunggu oli tiris, buka foot step dan knalpot dengan kunci 12. Jangan lupa, kick starter dilepas dengan kunci 14.

Lanjut setelah terbuka semua, arahkan pandangan pada bak kopling. Ada 11 baut  harus dibuka pakai kunci T8. Setelah bak dibuka, copot rumah kopling aslinya dengan getok kunci sok 19. “Setelah rumah kopling terbuka, bersihkan. Pisahkan rumah kopling dengan gigi sekunder dengan cara menggrinda 3 buah paku pantek di  belakang gigi sekunder,” tegas Yudi, Technical Support PT. Global Jaya Autopart selaku pemegang merek SYS di Indonesia.

SYS juga menyediakan Jedek agar kopling ganda tetap normal. Jedek adanya didalam mangkok kopling ganda. Fungsi jedek pengganti bosh kopling ganda, agar tidak mengurangi torsi putaran atas. Jedek ini praktis yang disediakan SYS. Konsumen tidak perlu mengelas kampas ganda ke mangkok koplingnya. Bila motor dibuat standard dengan kopling sentrifugal asli Z1 akan normal lagi.

Lanjut fokus ke kopling, pasang gir sekunder dengan rumah kopling SYS. Pemasangannya dibantu dengan ketok-ketok paku panteknya. “Jumlah paku panteknya ada 3, usahakan dengan bantuan besi batangan agar pakunya menjadi pipih,” cetus pria yang akrab dipanggil mas Yudi ini.

Pasang kembali rumah koplingdiikuti yang dikencangkan dengan kuci sok 19. Setelah kencang lanjut pasang kampas kopling yang jumlahnya 4 lembar dengan pelat kopling 3 lembar. Pasang penutupnya diikuti dengan 6 buah perkopling dengankunci T10. “Pengencangan bautnya selang-seling, agar kencangnya merata,” tegur Yudi sambil memutar kunci T10.

Lanjut lagi pasang bak koplingnya, periksa dulu pakingnya, kalau sobek yaa berarti harus diganti agar oli tidak merembes keluar. “Pemasangan bak sebenarnya tinggal temple saja, ingat ada 11 baut ukuran 8 yang tadi dibuka. Panjang pendeknya bautnya jangan sampai salah,” wanti Yudi.

Eit jangan lupa, karena ini basic motor non kopling, berarti harus pasang hendle di kemudi sebelah kiri. “Berarti harus membuat coakan lubang agar hendle bisa masuk, dan coakan dibawah untuk jalur kabel. Demikian juga sayap di atas bak kopling agar dicoak pelastiknya,” sambung Yudi.

Oke langkah terakhir pasang kembali baut oli, knalpot dan foot step, kemudian setting handel kopling sesuai selera sampeyan. Kalau nggak mau repot beli satu set rumah kopling SYS Rp 800 ribu, dibawa kebengkel yang mengerti cara pasangnya. Tapi lebih enak dikerjakan sendiri, iseng-iseng bisa mengerti onderdil motor. Bila mentok telepon ini:  (021) 42885611. Ghalib

BACA JUGA

Rumah Kopling SYS: Pakai 6 Per Kopling, Responsif, Ok Di Balap, Jempol Kohar

Tips Motor: Pola Ban Depan-Belakang Kudu Sama!

Tips Motor; Kampas Kopling FR 80 Buat Jupiter, Ilmu Balap Korek Harian!

BAGIKAN