nhk

Tips Motor: Pasang Lowering Kit New Ninja 250, Karbu, Dan Z250, Ceper..!

 

 

ManiakMotor – Namanya lowering kit, arti harafiahnya menurunkan tinggi motor.  Kata orang Indonesia sih bikin ceper.  Tapi ceper yang ini suspensinya sudah dihitung matang, bukan asal ceper yang bikin fungsi suspensi jadi pincang pada Kawasaki Ninja 250 karbu, Injeksi, dan Z250. Malah tidak sekadar ceper, bisa disetel sesuai kebutuhan, karena tersedia setelannya.

Lowering kit ini nantinya menggantikan link antara swing arm dan monosok.  Standarnya sudah paten, hanya dari pelat pada barang yang disebutnya tulang anjing atau dog bones itu. Bentuknya memang mirip, tulang guguk. Yang asli sifatnya kaku atau rigid. Penggantinya bisa disetel dan ujung-ujungnya bisa bermain seperti ball joint mobil.

Tinggi rendah bagian belakang tinggal disetel panjang-pendeknya pada kepala ball jointnya. Pengendara yang bertubuh pendek atau anak-anak dan lady bikers boleh merendahkannya. Yang dicari telapak kaki bisa menapak enak saat motor berhenti. Tidak capek dan  terasa berat dalam kondisi jalan yang macet. Selain itu secara psikologi, berekendara juga lebih percaya diri. Bukan apa-apa, Ninja bisa seketika tinggi dengan hanya ganti ban dan pelek. Nih obatnya ini ganti dog bones  oleh lowering kit.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

“Ide ini dapatnya dari modifikasi, tapi sebanarnya sudah diterapkan di motor Ducati. Saya bikin dari bahan yang kualitasnya sesuai Ducati, besi baja yang cukup tebal. Aman, tuh sudah dipakai pelanggan saya,” kata Ariawan Wijaya, kreator sekaligus penjual lowering kit dari bengkel Baru Motor Sport (BMS), di Kawasan Palmerah, Jakarta Barat.

Cara buatnya, itu rahasia Ari. Lagian susah, sampai melibatkan bengkel bubut segala. Bahan betul dari baja, lumayan berat dan kuat denga besi model trapesium. Tapi ini yang memudahkan diputar dengan kunci pas 19 pada seluruh bagian, untuk menyetel ground clearance. Mudah dan dapat dilakukan sendiri asal ada kunci tadi. Karena dari kedua ujungnya masing-masing bisa disetel.

Dibikin semacam ball joint, supaya fungsinya agar lowering kit punya ruang bergerak,”Ssaat sokbreker menerima beban, otomatis menjaga mur terhindar dari tekanan,” tambah Ari.

Piranti ini dijual Rp. 1 Juta sepasang ini, tidak akan menggangu kinerja sokbreker baik standar maupun modifikasi. Artinya dapat digunakan di motor balap sekaligus. Ya sudah, selanjutnya hubungi Ari di nomor, 021-92925551, 081915113717, pin bb 32555bb3, 2740f023. Harga tadi boleh pasang sendiri atau dipasangi. Adib

BACA JUGA

Tips Motor; Ganjal Per Karbu Vakum, Obat Boros Di Kota, Modal Rp 2 Ribu

Tips Motor; Setel Sendiri Rem Combi Brake Vario CBS Techno

Kata Artis: Helm Adalah Kepala Sampeyan..!

Tips Motor, Pasang Kondom Tangki Benar, Tangki Asli Tanpa Lecet..!

Tips Motor; Cara Atasi Lampu Sein Mati Sebelah

 

 

BAGIKAN