nhk

TIPS MOTOR : Pasang Setang Kemudi Fatbar, Ala Trail

 

ManiakMotor – Setang yang tengahnya gemuk ini, banyak bertebaran di mana-mana. Pasang sendiri di rumah bisa, sebab mudahnya minta ampun. Tidak peduli cowok, cewek juga bisa, asal ada waktu sekurangnya setengah jam, setang motor sudah bergaya street fighter, enduro, adventure, ya pokoknya trail.

Walau begitu bisa diterapkan untuk harian. Apalagi motornya yang cruiser, makin mantap dan mudah dihendling. Pendeknya tak perlu modif alias motor standar juga bisa, ya asal yang sport.Fatbar ini ada dua model, ada yang lebih tinggi dan pendek. Yang pasti, di tengah setangnya gemuk, makanya disebut fat.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Ada tipe enduro dan trail. Masing-masing itu beda tingginya  saja,” kata Lerry Rachmat Rizky, modifikator khusus supermoto dari Caos Custom Bike (CCB), didaerah Pancoran, Jakarta Selatan. Nih dipraktekan langsung. Diukur dengan sigmat diameter tengah fat 28,6 mm. Jauh meninggalkan setang universal 20 mm.

Jangan khawatir, bila beli setang model begini, beli juga raiser yang sama ukurannya. Sebaiknya raiser asli jangan ditunner, itu namanya memaksa. Sebab kalau dikikis, tebal raiser hanya tinggal 8 mm. Ya bisa patah dong,” tambah Lerry sembari menyebut harga fatbar berikut raiser dan bar pad, Rp. 1.250.000, itu merek Zeta asal Jepang.

Merek lain juga banyak. Bahkan AHRS ada, itu silakan klik saja logonya. Raiser bagian bawah orisinil jangan disimpan dulu, tetap dipakai sebagai connector ke segitiga. Sudah deh jadi, tinggal merangkai baut-bautnya yang sangat mudah juga. Itu baut ada yang pakai kuci 10 sampai 12 dan baut L ya dikunci dengan  L juga. Dan bereskan kembali kunci-kunci, termasuk kemasan setang. Supaya rumahnya kembali rapi.

Eiit tunggu dulu, sebenarnya batang setang versi lebar ada juga yang standar alias universal . Pipanya sama dengan diameter setang standar biasanya. Bedanya posisinya tinggi dan lebar ala trail. Itu boleh langsung pasang di motor sampeyan. Sedang fatbar keunggulannya pada batang yang dipegang raiser memang gemuk tadi, tak mudah patah dan bengkok walau jatuh, tapi jangan coba-coba menjatuhkan diri sendiri bro. Adib

BACA JUGA

Tips Motor: Jaga Suhu Ban Dalam, Tanpa Biaya

Tips Motor; Bersihkan Sendiri Super-KIPS Ninja 150 RR

Tips Motor : Rawat Dan Pasang Ban Dalam, Awas Kejepit..!

Tips Motor; Ganjal Karet Kopling Ganda, Cukup 4 Ribu Perak, Ngaciriiiir Lagi..!

Tips Berkendara (Safety Riding); Mata Sebagai Pengumpul Data

BAGIKAN