nhk

Tips Motor: Pasang Shim FU di Jupiter Dragbike Dan Liaran, Ayo Coba Siapa Saja Yang Mau!!

Maniakmotor – Hanya mesin DOHC macam Suzuki Satria FU yang klepnya diganjal pakai shim. Shim tadi fungsinya mengatur setelan klep sebab di Fu nggak pakai rocker arm alias temlar. Namun belakangan banyak juga yang coba pasang shim pada mesin SOHC macam Jupiter Z. Emang bisa??

“Bisa donk. Cocok buat mesin balap, korekah harian dan siapa saja yang mau yang pakai  lift klep tinggi. Istimewanya shim nggak gampang ‘jeber’, otomatis celah klep tetap stabil pada putaran tinggi,” beber Indra Baskoro mekanik R.A.T Motorsport Indonesia yang bengkelnya ada di Jl. Raya Juanda Sidoarjo, Jatim.

Sebenarnya trik ini pernah sikit dikupas di portal ini, coba klik maniakmotor.com/index.php/tips-s/5153-tips-motor-shim-fu-bisa-di-klep-jupiter-z-putaran-tinggi-celah-klep-stabil. Namun belum sampai tuntas..tas..tas..sebab kategori trik tingkat tinggi yang rada ‘njlimet’. Makanya kali ini disajikan kembali secara gamblang kepada sampeyan agar bisa langsung diterapkan.

Sebelumnya reporter ingetin trik ini hanya bisa diterapkan pada head Jupe yang pakai klep batang 4,5 mm atau sesuai aslinya. Sebab kebanyakan di head Jupi yang dipakai balap rata-rata sudah pakai payung lebar tapi batang klepnya 5 mm.

Bagi yang ingin coba cara ini namun sudah terlanjur pakai batang diameter 5 mm mau nggak mau, ya mesti pakai batang 4,5 mm. Di daerah memang rada sulit cari klep aftermarket berdiameter 4,5 mm namun punya daun klep lebar. “Solusinya boleh pakai klep KLX250 (33,5-28,3 mm) atau Bajaj Pulsar (31-26 mm). Tinggal dikecilin payung klep sesuai ukuran yang dimau,” saran mekanik yang dulunya sempat gabung di tim AHRS ini.

Biar nggak banyak cerita maka ayo langsung disiapkan bahan-bahanya. Yang pertama beli dulu ring per klep bagian bawah milik Kawak Kaze atau Edge (gbr-1), retainer atau topi klep FU dan shim FU (gbr-2). Sedang kuku klep atau kancingannya bisa pakai asli Jupie. Lumayan lah bisa buat beli kopi di warung sebelah sembari kerja. Hehee..pokoknya total biaya buat beli alat-alat tadi nggak samapai Rp 50 rebu.

Lanjut ke proses pasang, susunanya pertama per klep, kedua ring klep bawah Kaze/Edge dan ketiga retainer FU (gbr-3). Lalu pasang kuku alias kancingan klepnya. Setelah selesai tinggal letakkan shim di atas retainer yang sudah terpasang (gbr-4). Selanjutnya ya tinggal atur celah klepnya lewat baut setelan klep.

Nah yang nggak mau ribet bisa juga langsung pesen jadi ke R.A.T lewat nope 081703535093 atau Pin BB 7FBCF205. Pokoknya dijamin tinggal gas dah. MM

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353