nhk

Tips Motor: Pentingnya Tutup Pentil, Kamu Jangan Anggap Enteng

 

ManiakMotor – Jangan sepelekan tutup pentil yang kecil itu. Kalau tidak, mana mungkin perusahaan ban macam FDR mengikutkan pada pentilnya. Perusahaan batang pentilnya juga menyertakanya. Karena banyak faedahnya. Sayang,  sering dilupakan banyak pengguna kendaraan. 

Ban kendaraan harus dirawat seperti dengan menjaga tekanan angin.  Saat akan memompa ada satu langkah yang jarang diperhatikan. “Setelah tutup pentil dibuka, sebaiknya tekan pentilnya agar udara sedikit keluar. Tujuannya untuk mengusir atau membuang kotoran yang ada di dalam pentil,” sebut Totok dari FDR yang diiyakan M Slamet dari Planet Ban di Cinere, Depok.  

Sebelum kotoran bisa mengganjal katup pentil, sebaiknya dilindungi sebelumnya. Pelindungnya itu, ya tutup pentil. Pentil bersih mengurangi risiko kempis mendadak saat dikebut motor untuk cari uang. Keselamatan pun akan lebih terjaga. Sebab anak pentil yang jadi katup menahan angin sangat sensitif, ketekan dikit akan pussssst… angin keluar, karenanya harus dilindungi tutup pentil.

Jangankan harian yang banyak melintasi debu, pasir, becek dan air, motor balap saja pada pakai tutup pentil tuh. Padahal, sirkuit jauh lebih bersih dari jalanan harian. Mekanik balap dunia, akan menahan motor keluar dari paddock bila motor balapnya belum terpasang dengan benar tutup pentilnya. Ban adalah titik penting keselamatan.

Pengaruh traksi ke aspal atau tanah (off road) akan berpengaruh jika melupakan fungsi tutup pentil. Makanya pada motor motocross maupun adventure selalu terpasang stopper. Untuk kendaraan harian, tutup pentil tidak terpasang bisa jadi alasan pak polantas menilang. MM

BACA JUGA

Tips Motor; Ciri-ciri Oli Yang Cocok Pada Motor

Tips Motor: Sekadar Ganti Throttle Body Diameter Besar Top Speed Naik

Tips Motor: Setel Klep Jupiter Z

Tips Motor: Kopling Starter Yamaha Mio Los

Tips Motor: Membersihkan Karburator Vakum

 

BAGIKAN