nhk

Tips Motor; Periksa ‘Air Cut Valve’ Honda Karisma atau Supra X 125

 

 

ManiakMotor – Tahu air cut off valve bro? Ya temannya tempe, kan, hehe. Itu lho komponen pada karburator Honda Karisma atau juga Supra X 125.  Ia  berfungsi membantu  proses  pembakaran di ruang bakar. Juga bisa meminimalisir gejala dar-der-dor suara tembak-tembak saat deselerasi atau menutup gas secara tiba-tiba dan menurunkan gigi. 

Jika mengalami gejala tersebut, maka menggangu  kerja mesin. Perlu dicek kondisi katup vakumnya dari kebocoran. Misalnya silnya tidak rapat (koyak), ikatannya longgar dan lain sebagainya. Fungsi dari katup ini mensuplai udara cadangan saat terjadi kevakuman yang tinggi saat deselerasi. 

“Deselerasi lantaran putaran mesin dan girboks tidak sinkron, saling tahan. Di saat  sama trotlle valve atau skep sudah tertutup, jadinya bahan bakar yang tertarik menjadi lebih banyak tanpa udara,” jelas Syahrul Salam, ST guru teknik sepeda motor di SMK Panca Bhakti Banjarnegara, Jateng.  

Lebih lanjut diterangkan, campuran kaya tersebut tidak semuanya terbakar, ada sebagaian yang ikut terbuang ke knalpot. Karena suhu knalpot sudah panas menyebabkan bahan bakar akan menguap pada knalpot yang menyebabkan suara ledakan. 

Nah, katup air cut off berfungsi untuk menambah udara saat kondisi tersebut sehingga campurannya terjaga. Kerjanya memanfaakan kevakuman pada intake manifold untuk membuka katup tersebut. 

Bila bocor katup tersebut, tidak ada udara yang disuplai alat tersebut dan memang menjadi tugasnya. “Bisa juga penyebabnya bukan pada katup air cut off nya yang sudah bocor tapi pada bagian saluran juga perlu diperiksa,” wantinya. Penyumbatan pada saluran karena menumpuknya kerak bisa juga menjadi penyebab tidak berfungsinya katup tersebut. Ardel

BACA JUGA

Tips Motor: Bikin Treker ‘Cabut’ Gigi Timing Bawah

Tips Motor; Kenyamanan Duduk Bisa Ditur Dari Modif Jok

Tips Motor; Kamuflase Mika Spidometer Retak-Retak Atau Regas Jadi Mulus

Tips Motor: Saling Tukar Rantai Keteng/Kamrad, Mau Hemat Dan ‘Kuwat’

 

 

BAGIKAN