nhk

Tips Motor; Perpanjang Usia Rantai Kamrad/Keteng Honda C-series

 

 

ManiakMotor Ciri rantai keteng kendur alias minta ganti timbul suara cik cik cik. Cik-cik-cik itu bukan bunyi hujan turun, ah itu tik-tik-tik, ya sama saja ada pada mesin bagian kiri yang bikin telinga risih mendengarnya. Mesin juga jadi geli alias bergetar.  

Termasuk tarikan motor jadi sontoloyo akibat waktu bukatutup klep yang acak kadut. Seperti rantai keteng Honda C-series(Supra X, Grand, dan Legenda) yang dibilang agak boros atau gampang kendur ketengnya.

Itu karena tensionernya masih mengandalkan roller sebagai penekan kamrad. “Selain itu jarak antara arm-comp (tungkai penahan roller) dengan dinding crankcase mefet sehingga gerak naik-turunnya terbatas,” bilang Fandi, mekanik Ahass Genteng, Banyuwangi, Jatim.

Agar usia pakai kamrad lebih lama maka gerak main arm-comp perlu dibikin longgar biar nggak cepat mentok ke dinding crankcase. Sehingga, saat kamrad mulur roller tensioner masih bisa bekerja menstabilkan gerak kamrad. “Gerinda saja bagian ujungnya 5 mm,”  bisiknya lagi.

Bagi sampeyan yang mau praktekin trik ini ya musti bongkar bagian kiri mesin, termasuk magnet dan penyekat olinya. Prosesnya persis saat mau ganti kamrad. Tapi kamradnya nggak perlu dilepas brosis “Cukup comotarmcompnyasaja,” tutup mekanikceking ini.

Makasih bro tipsnya. GS

BACA JUGA

Tips Motor: Bikin Ulir Busi Sleg/Dol, Pakai Sok Drat!

Tips Motor; Per Kampas Kopling Supra-X/Grand, Pakai Smash Rp 15 Rebu, Cabutnya Kuat!

Tips Motor; Busi Kode ‘R’ Untuk Injeksi Dan Kode-Kode Lainnya

Tips Motor; Shim FU Bisa Di Klep Jupiter Z, Putaran Tinggi Celah Klep Stabil !

 

BAGIKAN