nhk

Tips Motor; Pilih Pentil Tubless Dari FDR

 

ManiakMotor – Kecuali ban roda mainan bayi yang nggak ada pentil. Kalau ban motor sudah wajib, apalagi pakai ban dalam. Tapi kali ini cerita pentil ban tubeless yang terdiri sendiri. “Jangan salah  pilih pentil atau valve malah mudah kempis,” jelas Toto dari bagian teknik ban FDR.

Nah tips ini juga dari FDR, loh. Mereka menyarankan soal memilih pentil tubeless yang tepat. Katanya, pilih pentil yang memiliki dua karet pembungkus besi/alumunium yang memastikan ban kedap udara. Dua karet tersebut untuk menahan bagian luar pelek dan menahan angin dari dalam ban.

Jadinya dia tertahan bolak-balik. Dari luar didekap dari dalam pun disumpel. Jangan pilih pentil yang hanya memiliki satu seal karet bagian atas. Itu tadi, berarti hanya menutup dari sisi atas yang cenderung mudah bocor, kurang sedap, eh kedap. Juga pilih pentil yang punya dua baut. Baut kedua ini berguna untuk mengunci baut pertama agar tidak bergerak.

Di pasaran aksesori motor, ada bermacam jenis pentil tubeless yang tampilannya memang menggoda. Secara garis besar terbagi menjadi dua jenis, ada yang lurus seperti ‘I’ dan ada juga yang sedikit melengkung macam ‘L’. “Silakan dibeli, asal memenuhi kedua syarat di atas. Model ‘L’ biasanya untuk roda diameter kecil agar mudah mengisi angin,” tutup Toto. 

Sip deh. MM

Foto: FDR

BACA JUGA

Tips Motor: Uji Daya Tekan Dan Ketahanan Per Klep, Nih Caranya.. !

Tips Motor; Piston Smash Serba Bisa Dongkrak Kompresi

Tips Motor; Ganti Sendiri Spul Pengapian Honda Supra-X

Tips Motor; Cara Poles Bak Mesin Mengilap, Bisa Ngaca Juga..!

 

BAGIKAN