nhk

Tips Motor; Piston Smash Serba Bisa Dongkrak Kompresi

 

 

ManiakMotorPiston Suzuki Smash memang serba bisa. Mudah menaikkan kompresi Mio, apalagi untuk sodaranya sendiri. Pokoknya, menaikkan kompresi t idak harus beli piston jenong(dome). Cocok buat brosist yang doyan kebut-kebutan atau penggemar tarikan responsif. Juga nggak bikin kantong bolong.

Kali ini diterapkan pada Suzuki Spin 125, wah makin mudah lantaran satu merek. Malah hemat dibanding beli piston kithigh-dome yang harganya bisa diatas 350 ribu. Belum lagi ongkos sewa mekanik. Dengan cara ini cukup separuhnya saja, makin hemat kolo dikerjakan sendiri

Kelebihan piston Smash lebih mancung 1mm (gbr-1), tidak pesek. Otomatis pemampatan ruang bakar jadi mengecilDiameter seher dan pin sama persis, jadi bisa langsung pasang. Paling hanya bikin alur klep di kepala piston ke tukang bubut,” kata bro Khusnul dari bengkel 58 Speed Genteng Jatim yang jadi guide   reporter maniakmotorkali ini.

Untuk itu, tebus dulu piston berikut ring Smash yang ukurannya “0” alias standar. Sekalian mampir ke tukang bubut untuk dibuatkan alur klep barutujuannya agar jidat piston tidak mentok di klep (gbr-2) karena ada perbedaan jarak coakan klep. O iya, tips cara bikin alur klep pernah ditulis maniakmotor.com  Yang ketinggalan alias belum baca cari lagi deh di kanal tips. Lumayan kalo bisa dipraktekin ongkosnya bisa lebih hemat lagi.

Biar hasilnya makin jos sekalian dihalusin porting in dan out cukup modal ampelas. Silahkan digosok-gosok sampai halus. Tipsnya juga pernah ditulis portal yang aduhai ini, cari lagi deh. Terakhir mas Kusnul juga mengingatkan untuk jetting ulang karburatornya. Biasanya main dan pilotnya naik 1 step dari standart. Untuk lebih pasnya silahkan cek warna kepala busi. Bila elektroda busi merah bata tandanya sudah klop.

Nah ini rincian biayanya. Piston Smash berikut ring 90 ribu, ongkos tukang bubut (bikin alur klep) 20 ribu dan ongkos sewa mekanik 100 ribu. Totalnya 210 ribu. Murah kan cuy?? GS

BACA JUGA

Tips Motor; Ganti Sendiri Spul Pengapian Honda Supra-X

Tips Motor; Cara Poles Bak Mesin Mengilap, Bisa Ngaca Juga..!

Tips Motor; Setel Klep Matic/Matik, Jangan Asal-Asalan, Kompresi Bocor!

Tips Motor; Jangan Bingung Melepas Tutup Aki Vario Tekno 125

 

 

 

 

BAGIKAN