nhk

Tips Motor: Platuk Klep Mio Diganti Model Roller Honda Blade

 

 

ManiakMotor – Ini tips pemberitahuan saja, soal kerjanya silakan dibawa ke bengkel yang mengerti. Maksudnya paham korek mengorek yang wajib berhubungan dengan tukang bubut yang juga mengerti. Syukur-syukur sampeyan sudah sangat mengerti jadi tak perlu baca ini tipis. Cerita tips ini soal platuk atau sepatu klep Yamaha Mio yang bisa diganti platuk dari Honda Blade 110 yang model roller.

Temlar Blade ini memang menyesuaikan dengan lobe atau benjolan kem. Gesekannya lebih ringan yang menguntungkan ekonomis mekanismenya. “Harga pelatuk roller Honda Blade ini relatif murah, hanya Rp 100.000. Ongkos tukang bubut untuk bikin bos-nya sekitar Rp 50.000,” jelas Bambang Tablo, mekanik 76 Slow Bill Speed di kawasan Cinere, Depok. 

Intinya langsung pada ruang pelatuk. Maksudnya, Mio juga bisa menggunakan temlar Blade. Soal langkah-langkahnya bisa pakai referensi pada tulisan ini, sama saja kok, hanya beda motor, tujuannya sama saja: Tips Motor: Pasang Rocker Arm/Pelatuk Klep Honda Blade Ke Jupiter Z Kohar, Liaran dan Dragbike.

Bedannya hanya pada platuk roller standar Mio lebarnya 19,7 mm. Sedangkan platuk roller Honda Blade lebarnya hanya 13,3 mm. Untuk selisih tersebut butuh bos sebagai ‘daging’ tambahan agar pelatuk tak oblak: “Kira-kira bos platuk atas tebalnya 7 mm dan platuk bawah 6 mm,” tambah Tablo yang telah memasang cara ini pada Mio-Mio harian yang masuk ke bengkelnya.

Yang harian saja pakai, apalagi yang liaran. Dun

BACA JUGA

 

BAGIKAN