nhk

Tips Motor: Puli 5 VV Bikin Ngacir Matik Kohar Dan Balap, Alur Roller-nya Dalam

ManiakMotor – Puli CVT Yamaha Mio yang logonya 5 vv ini memang ok. Diburu mulu walau keadaan sulit seperti dampak Covid-19. Pasalnya tanpa korek ini dan itu, hanya ganti puli bersama rumah rollernya saja sudah terasa perubahannya. “Ohhh jauh pak. Lontaran gerakan roller sangat bagus pada rumah puli 5 vv. Akselerasinya cepat,”  jelas Chepy Sugiarto, mekanik senior balap motor Jakarta.

Di kalangan balap lurus seperti drag bike maupun kohar dan yang nggak dikorek mengerti barang, ya memang oke. Sejatinya dia  adalah onderdil asli Yamaha Mio maupun Fino diproduksi di Thailand. “Dari kasat mata sama dengan yang berlogo 5 TL standar produksi  Indonesia. Dari material pun saya rasa sama. Hanya saja alur roller pada puli 5 vv  lebih dalam,” timpal Ucin dari GF Racing di kawasan Kedoya, Jakarta Barat.

Perubahan coakan rumah roller tersebut otomatis memengaruhi derajat rumah roller itu sendiri. Gelindingan roller terhadap gaya sentrifugal juga berubah lancer jaya. Tekanannya pada puli jadi lebih kuat. Sabuk puli akan terjepit lebih presisi langsung menggerakan roda.

Jadi, terasanya seperti torsinya naik. Kontan dengan putaran mesin, karena sabuk tidak akan terpeleset. Malah diklaim tenaga naik 20 persen dari standar puli Indonesia. Maka itu banyak dipakai di balap matik, entah itu road race dan drag bike. “Kelebihannya juga mudah dimodif alur rollernya. Tinggal ikutin saja model coakannya lebih dalam,” tambah Acin.      

Harga puli 5 vv ini juga tidak menguras kantong, hanya Rp 350 ribu. Sebenarnya di toko-toko yang menjual barang racing matik di kota sampeyan juga ada kaleee. Karena lagi ngomong dengan Ucin, ya silakan ke GF Racing. Nih alamatnya Jl. Kedoya Raya 1 No.1, Jakarta Barat bisa dihubungi di 081319095975. Rzk

BACA JUGA

Tips Motor: Karburator Sudco, PE, PWK, TM Dan PJ. Apa Bedanya..?

Tips Motor: Pakai Puli Primer-Sekunder Honda Vario, Napas BeAT Jadi Panjang!

Tips Motor; Cara Bikin Ngacir Mesin, Cukup Rp 4 Ribu Perak!

Tips Motor: Reamer (Perbesar Diameter Venturi) Karburator, Tidak Asal Besar..!

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353