nhk

Tips Motor; Quick Shifter Murah, Pakai Switch Lampu Rem, Silakan Coba..!

Bikin quic shifter di motor

ManiakMotor –Quick Shifter lagi naik-naiknya nih. Tapi kebanyakan yang dipakai ploduk impol. Maklum, belum ada ploduk Indonesia. Beberapa merek kondang macam  Additori Quickshifter itu harganya di banderol tidak kurang Rp 4 juta malah ada yang nyampe Rp 8 jeti. Tergantung speknya. Ada yang sekadar pemutus api pengapian sampai manipulasi program ECU atau piggy back.

Bagi yang berkantong cekak seperti reporter tidak usah risau dan bimbang. Trik motor balap zaman dulu  boleh dicoba. Teknologi ini masih dipakai sampai era  akhir 90-an. Termasuk motor GP lho! Rahasianya cuma pakai sakelar alias switch lampu rem. Switch ini digunakan untuk memutus-sambung arus listrik pengapian. Dua kabel dari switch ini bisa difungsikan dengan 2 cara.

Pertama, disambung dengan kabel arus (positif) dari CDI ke koil. Kabel ini disambungkan ke switch rem yang dipasang pada tuas persneling.  Jangan kebalik ya, switch rem menyambung saat ditarik, dan memutus arus saat ditekan.

Ketika tidak sedang bekerja, arus dari CDI melewati switch, baru kemudian ke koil. Pada saat persneling diinjak, arus terputus, pengapian terhenti saat perpindahan persneling. Jadi gigi mudah masuk karena tenaga yang dilansir juga terputus sesaat. Ingat umpan giginya harus pas.

Kedua, switch disambung dengan kabel negatif CDI. Prinsipnya sama saja. Cuma kerjanya memutus massa CDI. Jadi  saklar dihubungkan dengan rangka motor. Saat normal, pengapian berjalan normal karena  arus kerja CDI mengalir lancar ke kutub negatif. Saat perpindahan persneling, switch memutus arus negatif sehingga CDI tidak bekerja dan tekanan kompresi terhadap girboks mengendur, gigi pun mudah masuk.

Kelemahan model mekanis seperti ini adalah mengeset jeda waktu putus pengapian. Harus coba-coba. Caranya putar-putar posisi saklar terhadap gerakan tuas persneling. Sensitivitasnya cari yang sesuai dengan kemampuan joki.  Beda sama yang harga jutaan, tinggal diprogram komputer mau berapa milisecond jedanya.

Monggo dicoba. MM