nhk

Tips Motor: Rantai Motor Putus Bukan Karena Gir Set-nya

Rantai Putus

 

ManiakMotor – Gir set itu di dalamnya ada gir depan, belakang dan rantai itu sendiri. Ah itu semua sudah tahu kalee. Iya, namun itu ada hubungan dengan rantai sering kendur, kuraok-kuraok yang nggak nyaman dan akhir kraakkkkk…. Rantainya terjepit antara gir dan bak mesin. Itu artinya rantai sudah putus mendadak.

Sengaja dalam penjualan suku cadang, gir set ini yang diutamakan. Maksudnya kalau dalam keadaan terpaksa dijual satuan. Misalnya hanya rantai atau gir saja. “Biasanya kalau diganti satuan umurnya nggak panjang. Karena modul yang lama aus yang baru akan menyatu dengan mereka. Beda dengan beli satu set, modul gir dan rantai sama-sama baru sehingga lebih awet. Sama-sama dari baru,” kata Irul, mekanik bengkel maniakmotor.com. Eit… di ruko portal ini di bawahnya bengkel loh, di atas rukonya buat ngetik.

Namun banyak yang masuk ke bengkel maniakmotor.com kasusnya bukan gir set. Umumnya mereka yang rantainya putus di jalan. Setelah diperiksa sesama, bukan soal rantai dan gir. Tapi rodanya yang membuat rantai peletakkkkk, putus. “Tuh rodanya oleng-oleng. Lahernya sudah longgar pada rumahnya, sehingga rantai kendur dan kencang, ya mudah putus,” tambah si mekanik yang belajar dari penulis tersebut, hehe.

Umumnya putus dari sambungan. Sambungan ini alat yang paling lemah pada rantai, saat penerus daya tersebut dapat serangan. Untuk mengatasinya tentu saja, benarin dulu lahernya baru rantainya. Seperti kasus pada foto motor ilustrasi ini, musim hujan dengan kotoran seperti di motor tersebut memperparah laher dan rantai. Makanya rajin cuci motor di musim hujan. MM

BAGIKAN