nhk

Tips Motor: Rawat Setang Piston Jupiter Z Lewat Sil

Maniakmotor – Mengganti oli mesin secara berkala ternyata belum cukup bikin awet orderdil mesin. Seperti setang piston, mMesti diperhatikan juga tuh jalur pompa oli di seputaran kruk-as yang berfungsi melumasi pen big end.

Khusus Yamaha  Jupiter z atau Vega jalurnya melewat lubang di crankcase atau ruang kruk-as bagian kanan (gbr-1). Lalu olinya ‘mampir’ sebentar ke bak kopling dan baru masuk lagi ke area pen big end lewat lubang diujungcrankshaft(gbr2). 

Di bak kopling tadi ada oli silnya.Nah bila sil tadi getas/sobek pelumasan nggak maksimal lantaran oli tadi muncrat keluar tak sampai deras masuk ke pin setang. “Ini yang menyebabkan stang piston tadi cepet rusak,” ucap Masrukin yang bos Kin’s Motor di Jember, Jatim. 

Untuk itu baiknya sil tadi dicek kondisinya. Ngeceknyaya mesti bongkar bak kopling dahulu, silakan pelototin silnya yang nempel di bak kopling. Di situ ada dua biji sil, sil yang dmaksud ada di (gbr3 ).Kalau silnya rusak atau keras langsung ganti saja.  “Harga silnya paling mahal Rp 10 ribu,” tutupnya. 

Makasih bro tipsnya..GS

BACA JUGA

Tips Motor: Dongkrak Sederhana Kompresi Harian Supra X/Grand

Tips Motor; Bikin Tarikan Kawasaki Ninja 250 Fi Responsif, Murah..!

Tips Motor; Libas Banjir Tanpa Biaya

Tips Motor: ‘Resolusi’ Kopling Ganda/Sentrifugal Slip

 

 

 

 

 

BAGIKAN