nhk

Tips Motor: ‘Resolusi’ Kopling Ganda/Sentrifugal Slip

 

Maniakmotor– Mengawali tahun semua rame-rame bikin ‘resolusi’ termasuk portal ini latah juga bikin’resolusi’ tips kopling ganda yang slip. Namanya resolusi ya berarti solusi berarti pernah ditulis tipsnya tahun lalu. Nah kali ini coba cara yang baru. Nggak salah juga kolo sampeyan baca lagi tips ini;

Kopling ganda adanya di motor bebek, tujuannya biar tidak terhentak saat oper gigi yang sifatnya sentrifugal alias dapat putaran akan membuka keluar. Disebut juga kopling otomatis. Kendala yang sering dialami ya slip, akselerasi lelet waktu start juga larinya ‘sontoloyo’. Sebabnya sepatu kampasnya tipis atau mangkuknya sudah terkikis yang menyebabkan jarak keduanya menjauh (gbr1“Resolusinya ya diganjal dengan selang. Agar leduanya dekat lagi dan cepat membuka,” tegas Lutfy, makanik Taman Motor di Jl.Anggrek Genteng Jatim.

Ada dua pilihan tempat untuk mengganjal, yang pertama pada bagian karet dumper kampas ganda (gbr-2ada 3 biji karet. Tinggal ganjal saja ketiganya dengan selang dimensinya persis dengan karet tadi. Tebal selang tergantung jarak antara kampas dan mangkuk sentrifugal.

Cara ganjal yang kedua diganjal di masing-masing ujung sepatu kampas (gbr3) tancapkan selang disana, lalu potong disesuaikan dengan ausnya kampas dan mangkuk tadi. Setelah diganjal coba masukkan kampas ganda tadi ke mangkuk sentrifugal.

“Antara kampas dan mangkuk harus ada celah kurang lebih 1 mm sebagai gerak bebas kampas,” ingat Lutfy sembari bilang kalau celahnya kurangdari itu motor bakalan jadi seperti pakai koplingmanual. Ya, kasar. Begitu masuk gigi langsung gedubrak, nah kan nggak ada kopling tangannya.

Terakhir Lutfy juga pesan selang yang digunakan untuk mengganjal adalah slang pernafasan udara karburator karena lebih tahan. Juga diameternya yang dirasa paling pas ketimbang jenis selang lain. “Ini juga hasil resolusi tahun lalu bro,”  tutupnya. 

BACA JUGA

Tips Lubangi Kopling Ganda, Jangan Sampai Jadi Waria..!

Tips Motor ; Papas Kampas Rem Untuk Cakram Yang Berumur

Tips Motor; Periksa ‘Air Cut Valve’ Honda Karisma atau Supra X 125

Tips Motor: Bikin Treker ‘Cabut’ Gigi Timing Bawah

Tips Motor; Kenyamanan Duduk Bisa Ditur Dari Modif Jok

BAGIKAN