nhk

Tips Motor (Ringan); Bebersih Filter Udara Mio

ManiakMotor Tips ringan bebersih filter udara matik sembari tunggu magrib alias ngabuburit. Lumayan untuk cegah bensin boros. Maklum harga bensin naik, sementara gaji masih jalan di tempat, seperti gaji penulis filter udara matik  ini. 

Sepele dan ringan, tapi kalo lupa mulu dibersihkan bikin boros bensin. Seperti kondisi filter udara pada matik. Jika kotor, udara mencampuri bensin jadi tekor, kan tertahan kotoran di filter. Lama-lama sekotoran-ketorannya masuk ke ruang bakar. Maka rajinlah membersihkannya untuk karbu dan injeksi,” terang Rizki Febrianto, guru teknik sepeda motor di SMK Panca Bhakti, Banjarnegara.

Mudah membersihkannya sambil nunggu bedug buka ketimbang sembari merokok-merokok, itu batal namanya. Cukup pakai obeng kembang (+) sama kompressor. Tak punya kompressor sendiri, ya datang aja ke bengkel terdekat. Gitu aja kok repot, hehe, becanda brosist.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Ayo praktek di Yamaha Mio 2007 dan bisa juga untuk filter udara injeksi. Apalagi injeksi, perawatannya hanya pada filter udara ini. Jika filter udara bersih terus, dijamin injeksinya juga sehat terus sepanjang motor itu hidup. Hidup bersih tanda sehat.

Oke lanjut, Mio memiliki filter udara kertas. Langkah awal posisikan motor di tempat lapang, standart tengah dan jangan lupa siapkan penampan biar komponennya tak tercecer.

Tinggal lepas keempat bautnya. Ingat ya posisi filternya di bagian bawah dekat CVT. Kalo bautnya sudah lepas, tinggal tarik tutup filter. Nariknya kesamping,pelan-pelan tak usah buru-buru karena magrib masih jauh. Semberi buka yang diingat posisi awalnya biar pada saat pasang kembali tak bingung. Wkwkkwk..

Tuh lihat kotor sekali. Langsung ambil dan bersihkan dengan kompressor. Nggak ada kompresor sembari dikuas dan ‘dibanting-banting’ pada tangan juga copot kotorannya. Asal jangan dibanting-banting sekuatnya, ya rusak. Secukupnya saja. Ya, kalau sudah bersih tinggal dipasang kembali dan beduk magrib sudah kendengaranArdel

BACA JUGA

Tips Motor; Setting Sederhana Spuyer Korek Harian

Tips Motor Drag Bike Pilih-Plih Power Band Mesin 130 Cc – 200 Cc

Tips Ban Dalam Korek Harian Sampai Balap

Tips Motor; Knalpot – Kenalpot Racing Injeksi, Sensor AFR Harus Tetap Terpasang

Tips Motor; Jupiter Z1 Racing; LSA Kemnya Adjustable! ‘Lobe-nya’ Tinggal Pilih


BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353