nhk

Tips Motor: Roller CVT Matik/Matic Harian Jangan Dioplos, Nggak Enak…!

Tips CVT

ManiakMotor – Info saja dari para penggemar motor matik di kawasan Sentul, Bogor, Jabar. Mereka sudah banyak bereksperimen soal CVT. Dari CVT miring yang maksudnya derajatnya diubah sampai coak-coak ruma roller.

Roller boleh saja dioplos, asal bisa menahan nggak enaknya

Yang dicoba termasuk oplos-oplos bobot roller pada CVT standar, agar putaran bawah dan atas ketemu. “Oplos roller ini hanya tepat buat balap. Atau mereka yang benar-benar yang bisa menyetel roller dan CVT sampai dapat karakternya,” jelas Wibowo atau Bowo dari 96 Motor di kawasan Sentul.

Maksud Bowo harian harus pikir-pikir dulu, kecuali seperti yang dia ceritakan. Harian jangan tergiur cerita tips di arena balap yang rpmnya tinggi terus. Katanya bila oplosan dipaksakan sangat nggak enak. Misalnya 8 gram dioplos dengan 9 gram, apalagi yang selisihnya banyak. Contoh, 8 gram dikawinkan dengan 10 gram.

Gejalanya motor dalam keadaan larinya konstan seperti umumnya harian, jadi ndut-ndutan. Ketika digas untuk dapat tarikan, roda macam benjol-benjol. “Putaran mesin juga nggak rata, karena dipengaruhi oleh roller yang nggak semuanya serentak menekan piringan CVT,” tambah Bowo yang berpembawaan tenang tersebut.

Solusinya yang lebih aman sesuaikan dengan kebutuhan. Bila setiap hari membelah kemacetan yang stop and go, kasilah roller yang ringan bobotnya sama. Kalau ringan roller dengan setrifugalnya akan cepat dapat tenaga. Tapi konsekuensinya top speed tidak akan tercapai. Sebaliknya kalau setiap hari panteng gas terus, gantilah roller dengan bobot berat dari standar uang gramnya sama. Iwn

BAGIKAN