nhk

Tips Motor; Rumah Kopling Pernya Banyak, Cocok Buat Kohar, Nendang Nariknya

ManiakMotor – Power mesin balap yang udah gila-gilaan namun belum sampai gila benaran, tanpa diimbangi penyalur tenaga mumpuni, hasilnya sia-sia belaka. Slip kopling sering terjadi. Per diganti keras, kopling malah bagel dan entaknya terlalu kasar. Seperti itu seiring teknologi, tenaga mesin makin melejit. Kampas kopling jadi ampun-ampunan. Maksunya minta ampun.

Nah, ada solusinya tuh. “Pakai saja rumah kopling dengan per lebih banyak,” kata Yuli Purwoko, juragan Mototech, Yogyakarta. Katanya, dengan per kopling yang banyak, fungsi per bekerja lebih rata menekan kampas dari semua sisi, tanpa harus mengalami gejala seperti ganti peras  yang keras.

Salah satunya rumah kopling merek SYS produk negeri jiran atau Malaysia sudah menciptakannya. Metodenya dengan jumlah per yang lebih banyak, kelembutan per bisa dijaga. Penyaluran tenaga bisa lembut namun efisien alias bisa menyalurkan tenaga dengan teratur namun kuat pada girboks sampai roda.

Buatan jiran ini sebenarnya sudah lajim dipakai pada special engine yang menggunakan enam per. Bahkan dari foto SYS seperti meniru special engine KTM yang versi 65 cc. Tetapi yang SYS ini telah disesuakan dengan dudukan peruntukkannya untuk motor Malayu, hehe. Harganya juga tak semahal milik SE yang bisa bikin terkejut alias jutaan.

Ada beberapa pilihan. Buat bebek ada Yamaha Jupiter Z dan Honda Blade. Keduanya pakai enam per. Jupiter dibanderol Rp 350 ribu. Terdiri  dari rumah kopling, hub, dan per. Sementara Blade dibanderol lebih mahal 100 ribu karena dilengkapi pelat kopling.

Sedangkan buat motor laki, sementara cuma ada buat RX King. Pernya berjumlah 5. Sementara standarnya cuma 4. Anti slippp!! Ingat saja, bukan hanya motor balap yang bisa menggunakan, korek harian malah lebih enak. Yang standar juga bisa. Kp

BACA JUGA

Tips Hujan: Hindari Bahaya Saat Berkendara di Musim Hujan..!

Tips Motor: Tiga Cara Setting Mudah Kopling Kawasaki Ninja 150 2-Tak..!

Tips Motor: Tiga Cara Setting Mudah Kopling Kawasaki Ninja 150 2-Tak..!

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/customer/www/maniakmotor.com/public_html/wp-content/themes/Newspaper/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353