nhk

Tips Motor: Sakelar OFF Mesin Darurat, Ya Hanya Untuk Darurat

 

ManiakMotor – Motor modern, selain ada kunci kontak sebagai peranti standar, ada juga yang dilengkapi sakelar off darurat. Mematikan mesin cukup dari sakelar ini, walau kunci kontak masih on. Karena sakelar ini sifatnya darurat.

 

Di dunia disebut engine cut off, cara simpel mematikan mesin bila terjadi insiden, makanya warna sakelar ini menonjol yang biasa merah. Itu ada maksudnya, agar sakelarnya mudah dikenali, mudah dilihat dan mudah cara kerjanya.

Diperkuat Handy Hariko, manajer senior bagian technical training PT Astra Honda Motor (AHM), keduanya punya fungsi yang lebih spesifik. Katanya sakelar off yang berupa tombol atau kenop itu  kerjanya membuat hubungan pendek, atau korslet pada sistem pengapian.

Karena sistem kerja sakelar darurat hanya mengganggu aliran listrik, maka sifatnya sementara. “Jika mesin dimatikan menggunakan sakelar off darurat, sebenarnya arus listrik tetap mengalir lewat kunci kontak,” jelas Handy lagi.

Karena arus listrik dari aki masih nyambung, mendiamkan motor berlama-lama mati dari kunci off darurat, membuat setrum di baterai berkurang. “Saat akan menghidupkan lagi, aki sudah tekor,” tuntas Handy.

So, saklar off darurat, memang hanya untuk daruruat. Kalau mau mematikan permanen atau berlama-lama misal sampeyan ngopi dulu, kudu lewat kunci kontak. Jangan lupa dikunci, supaya nggak dicuri. AwAs

BACA JUGA

TipsMotor; Irit Bensin, Modal Rp 2 Ribu

Tips Motor; Habis Jalan Jauh, Pengendara Jadilah Mekanik Instan

Tips Motor: Setel Rantai Tak Butuh Dana, Nih Cara Jitu

BAGIKAN