nhk

Tips Motor: Salah Pasang Rem Cakram Besar, Malah Blong

ManiakMotor – Makin besar penampang piringan cakram, semakin besar pula gesekan yang didapat dari kampas rem. Prakteknya rem makin ciiieeettt, pakem brosist. Sudah lama piringan cakram variasi dengan penampang yang lebar ini dijual dengan berbagai kualitasnya. Yang ada bukan makin pakem, rem malah belang-bentong alias kadang ada kadang blong.

Kali ini bukan ngomong kualitas. Tapi aplikasi cakram jenis ini memerlukan braket atau dudukan baru pada kalipernya. Jika bawaan motor 220 mm dan diganti 280 mm apalagi 320 mm, kaliper makin jauh dari dudukan aslinya, “Kebanyakan salah saat bikin braket, mulai dari posisinya dan tebalnya pelat. Minimum pakai pelat besi tebal 5 mm,” buka Roy, teknisi senior bagian pengelasan Tauco Custom di Jaga Karsa, Jaksel.

Bengkel ini pasti punya pengalaman banyak karena saban waktu melayani konsumen modif minta ganti cakram besar. Katanya beberapa produk menyertakan braket untuk langsung dipasang berdasarkan merek dan tipe motor. Misal Yamaha Mio ya pakainya paketan.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Namun pembeli saat ini tidak pandang bulu. Mau bulu halus dan kasar disikat. “Bukan  itu Mas. Tapi  merek apa saja dibeli, asal lubang baut cakram dan posisinya sama dan kebetulan suka modelnya, langsung saja ditebus. Braketnya bikin sendiri di tukang las,” ujar Deni, dari K’cebonk Racing, toko aksesoris di bilangan Beji, Depok, Jawa Barat.

Katanya dari situ persoalan, braket tidak pas. Posisi kaliper miring, tidak semua permukaan kampas menekan permukaan cakram. Bisa dideteksi dari rem kurang pakem sampai bekasnya gesekkan pada kampas dan piringan itu sendiri. Misalnya, kampas ausnya miring atau tidak semua termakan. Itu tanda-tandanya.

Makanya dianjurkan pakai braket dari pelat besi 5 mm. Melubanginya harus terukur cermat dan cerdas. Harus diatur baut dengan cara braket dipasang lebih dulu pada tabung sokbreker. Pasang juga roda yang sudah ada piringan pengganti. Posisikan kaliper pada piringan, dari situ baru bisa ditentukan lubang yang pas sesuai posisi kampas menekan. Jangan sampai meleset sedikit pun.

Intinya offset cakram model apa pun patokannya dari pegangan kaliper. “Jangan sekali-kali membuat braket yang bersudut untuk dapat simetrisnya. Itu membuat rem tidak pakem karena kurang kaku. Lebih baik mengganjal braket pada tabung sok atau kaliper untuk mensejajarkan. Sementara pelat braket tetap lurus,” kata Roy.

Tenkyu tipsnya. Adit

BACA JUGA

Tips Motor; Korek Harian Subtitusi Part Standar, Murah Gan…!

Tips Motor; Cara Bikin Lampu Utama Terus Terang

Tips Motor; Korek Harian Yamaha New Vixion, Reamer Throttle Body Versi BRT

Tips Motor; Bagasi Tambahan Mudik

Tips Motor; Tabel Shim Celah Klep Suzuki FU, Lengkap Tuh..!

 

 

BAGIKAN