nhk

Tips Motor: Saling Tukar Rantai Keteng/Kamrad, Mau Hemat Dan ‘Kuwat’

 

Maniakmotor – Saling tukar onderdil motor sering dilakukan alasannya bisa lebih awet dari part orisinal. Meski kadang rada mahal, ya itu biasa. Sebaliknya lebih murah, pendek usianya. Intinya sama saja mau hemat atau kuwat ujung-ujungnya ya balik ke hemat lagi.

Seperti cam chain alias rantai keteng atau kamrad, boleh juga disebut rantai kecil, karena rantai besar di motornya adanya di roda. Rantai ini  bisa saling tukar antarmerk motor, asal dimensi keduanya sama. Salah satunya kamrad Honda Mega Pro lama/GL-Pro Neotech dengan Suzuki Thunder 125.

Monggo saling caplok lantaran panjang keduanya sama (100 mata). “Pemilik Mega-Pro banyak yang pakai kamradThunder! seru Syamsul, mekanik Andika Motor Genteng di Jatim yang ‘ngotot’ kolo milik Thunder lebih berotot lantaran harganya lebih mahal, Rp 100 ribu rupiah. Sebaliknya pemilik Thunder yang ingin hemat bisa pakai keteng Megapro yang dibandrol Rp 75 ribu saja.

Sama juga dengan keteng Supra X 125/Karisma dengan Shogun 125/Spin bisa saling tukar. Lagi-lagi panjang keduanya sama (92 mata). Harga kamrad Shogun esgepe dibandrol Rp 65 ribuan, sedang Supra Rp 55 ribuan. Ada yang bilang punya Shogun lebih oke, nah yang mau irit pakai punya Supra lumayan selisih 10 ribu dapet rokok 1 bungkus.

Eit tunggu dulu jangan stop bacanya masih satu lagi, kamrad Vega lama/Crypton dengan Supra X/Grand boleh saling kanibal. “Supra X kodenya 25H-84, sedang Vega 25-84, jelas Santoso penjaga Andika Motor sembari bilang kalo panjang keduanya 84 mata, bedanya pada huruf ‘h’ (hard) yang berarti lebih kuat ketimbang nggak ada ‘h’nya. 

Dicermati dari luar plat kamrad Supra memang tebal. Bicara harga milik Supra lebih mahal 5 ribu perak (Rp 30 ribu). Lumayan lagi buat jajan anak. Pilih-pilih sendiri deh. GS

BACA JUGA

Tips Motor; Berkendara Jangan Asal Tancap, Cek Motor Dulu Bro

Tips Motor; Ganti Sendiri Oli Sil Magnet/Kruk-As Honda C-Series

Tips Motor; Bersih-Bersih Karburator Pakai Ini, Nih..!

Tips Motor: Cek Kondisi Motor Dalam Hitungan Menit

Tips Motor; Part Ori Jauh Lebih Murah Dari Orisinal…?

 

 

 

 

 

BAGIKAN