nhk

Tips Motor; Saluran Pernafasan Karburator, Biar Lega Di Musim Debu

ManiakMotor – Namanya saluran pernafasan, kalo tersumbat ya nggak enaklah. Macam ‘saluran pernafasan’ pada karburator, lubang ini berfungsi untuk menjaga tekanan udara di dalam floating chamber alias ruang bahan bakar.

Saluran tersebut terhubung dengan udara luar sehingga tekanan yang ada didalam ruang pelampung sama dengan tekanan  udara luar.Dengan tekanan yang sama, bensin lancar mengalir. Bila tersumbat, apalagi di musim debu dari Gunung Kelud, akan menjadi masalah.

“Bila tersumbat atau tertutup sehingga udara luar tidak bisa terhubung dengan ruangan dalam karburator. Menjadi vakum bila saluran ini tertutup. Gejalanya motor akan tersendat-sendat di putaran tertentu,” buka Arif Syaifudin, ketua jurusan Teknik Sepeda Motor (TSM) di SMK Panca Bhakti Banjarnegara, Jateng.

Bensin tidak akan tersedot secara sempurna, sehingga kinerja mesin akan terganggu.Untuk itu biasanya saluran ini dihubungkan dengan slang sehingga bisa terhindar dari kotoran maupun air yang bisa masuk ke dalam ruang karburator.

“Sudah pakai slang pun, slangnya harus dijaga kebersihannya. Misalnya terseumbat kotoran, seperti debu Kelud. Atau  disebabkan air hujan ataupun air encuci sepeda motor,” tutupnya.

Oke deh! Gitu saja kan. Ardel

BACA JUGA

Bedanya YMJET-FI Dengan Fuel Injection?????

Tips Motor: Darurat Ganjal Rumah Laher Roda Yang Longgar

Tips Motor; Kaki-Kaki Sehabis Melewati Jalan Berlubang

Tips Motor: Bikin Kampas Kopling Honda Tiger/Megapro Menggigit, Pakai Per Ninja!

BAGIKAN