nhk

Tips Motor: Sekadar Ganti Throttle Body Diameter Besar Top Speed Naik

 

 

ManiakMotor – ECU (engine control unit) sudah pasti injeksi, maka terjadi pergeseran korek mengorek. Biasa karbu dan CDI, kini elektronik semua pada korek berat (balap), liaran, hobi atau ala kadar, adanya pada ECU. Zaman sudah berubah, zaman digital.

Karenanya, ditawarkan pula macam-macam ‘pengacau’ atau ‘menipu’ yang bahasa manisnya memanipulasi kinerja ECU agar di atas standar. Atau ECU itu sendiri yang diganti yang tipe racing. Tapi, memang saat ini belum terlalu booming, karena belum sampai mengilik pada pengetahuan pengendara awam.

ECU ini dianggap terlalu banyak langkah dan masih mahal untuk sekadar up-grade harian. Beda dengan zaman karbu, setting spuyer saja. “Ooo bisa. Caranya ganti diameter thotottle body (TB) lebih besar. Sama juga di karbu mengganti diameter venturi besar. Bisa djuga disebut reamer. Fungsinya memperbesar asupan udara otomatis ECU membacanya dan akan memberi bensin lebih banyak,” kata Robert Chong mekanik papan atas Indonesia yang melek teknologi tapi belakangan lebih banyak berbisnis.

Salah satu bisnisnya TB yang berlogo SYS. Karena dia berbisnis di sini, tahulah lika-liku TB. Dia sudah melakukan riset mendalam sebab akibat ganti doang TB yang diameter lebih besar. Katanya ganti TB diameter lebih besar tanpa ada pergantian lain, terutama akan berpengaruh langsung pada top speed.

Top speed naik lantaran kiriman udara dan bahan bakar lebih besar seiring permintaan putaran mesin makin tinggi untuk top speed. Maka menurut Robert, akan lebih enak lagi satu paket. “Misalnya usai ganti TB diaemeter besar, sekalian ganti knalpot racing harian. Knalpot yang dipilih untuk torsi dan TB melayani putaran atasnya. Ingat, ganti TB ini lebih mudah buat awam. Sebab alatnya konvensional yang mekanikal,” tambah Robert yang jadi mekanik generasi awal mengandalkan ‘hitungan’. 

Robert juga  mengklaim ganti TB jauh lebih murah dari beli piggyback atau ECU racing. Dia mencontohkan harga TB produk SYS akan sama dengan harga karbu rata-rata. Lagi pula dengan hanya ganti TB mesin lebih aman, karena limiter putaran mesin nggak dibuka. Beda kalau ganti piggyback dan ECU racing yang membuka limiter rpm, sehingga daya tahan mesin jaminannya. MM

BACA JUGA

MotoPrix (MP) 2016; SYS Hadirkan Throttle Body (TB) 30, 33, 35 mm, Responsif!

Tips Motor: Setel Klep Jupiter Z

Tips Motor: Kopling Starter Yamaha Mio Los

Brake Lever Protection Ducati Bernilai Seni, Boleh Ditiru Motor Kecil Indonesia

Tips Motor: Membersihkan Karburator Vakum

           

BAGIKAN