nhk

Tips Motor: Servis Sendiri Tenaga Tetap Prima, Iseng Tunggu Bedug

 

 

ManiakMotor – Kalau hanya servis ringan, boleh dilakukan sendiri. Apalagi yang injeksi, langkah-langkahnya makin sederhana. Itu dengan catatan hanya servis ringan. Kalau ada kerusakan, itu namanya servis berat.

Misalnya ganti oli, itu mah eces, bisa dilakukan sendiri.  Untuk urusan servis ringan dan rutin, ganti oli ini yang palng penting. Diganti sesuai jarak tempuh yang rata-rata 5.000 km. Pilih oli sesuai anjuran pabrik. Banyak juga oli yang dipromosikan, asal disesuaikan dengan speksifikasi motor. Tinggal buang lewat baut pembuangan yang lama dan baru dituang dari lubang pemasukannya, gampang kan. Nggak perlu ke bengkel.

Lantas bersihkan filter udara. Nah filter ini bagian dari yang dikerjakan dalam servis rutin. Untuk injeksi hanya ini yang dikerjakan kalau motor dibawa ke bengkel resmi. Bersihkan dengan angin bertekanan (kompresor) saringan udaranya. Kalau nggak ada kompresor, boleh dipukul-pukul, dilap, dikuas, dicuci juga bisa.

Throttle body bila kelihatan kotor, silakan disemprot dengan cairan pembersih khusus injeksi. Ini pun kalau perlu. Kalau dirasa masih cukup bersih, yas sudah. Tapi perlu juga sih, sebab cairan ini akan membersihkan seluruh jalur pemasukan bahan bakar, bahkan sampai ke ruang bakar. Jadi, modal beli cairannya.

Khusus karbu boleh dibongkar, tidak pun nggak dilarang. Lihat waktu saja, masih cukup tidak sampai bedug buka bertalu. Kalau tidak cukup, ada cairan permbersih karburator juga. “Dengan cairan pasti juga akan bersih, walau tidak sedetil saat karbu dibongkar,” kata Ketut Wayan, katanya orang Bali yang buka bengkel di kawasan Cinere Raya, Depok.

Untuk 2T lebih asyik usai bongkar kaburator juga membersihkan kerak dari ruang bakar. Ini anjuran buat yang doyang bongkar-pasang. Lalu dilanjutkan dengan ‘menguras’ kerak knalpot 2T yang harus melakukannya setiap dua bulan sekali. Ini wajib sih, agar tetap tarikannya asyik. Itu pun kalau masih ada waktu untuk bedug bro. Kan judul tulisannya untuk bedug.

Sekalian bersihkan busi dan ukur kembali kerenggannya (gap)  0.7 mm – 0.9 mm. Bersihkan sekalian. Demikian juga aki. Bagi aki kering periksa kutupnya, siapa tahu longgar. Buat aki basah, dicek air-nya. Lanjutkan dengan jarak tuas rem, kopling dan rem kaki. Rantai juga demikian, lumasi dengan chain lube yang bermutu, kalau kotor oleh debu atau lumpur, sebelumnya dibersihkan dulu. Kalau bedug belum juga muncul, lanjutkan mencuci motor.

Bila motor sering ditongkrongi seperti ini, niscaya tanda-tanda kerusakan sekecil apa pun akan cepat terdekteksi, nggak merembet. MM  

BACA JUGA

Hati-hati ! Banyak Beredar Sokbreker Ohlins Palsu, Nih Cara Membedakan Dengan yang Palsu

Tips Motor; Olahraga Mesin, Tenaga Naik Banyak

Dyno Jet Paling Canggih Loh, Akurat Untuk Motor Injeksi

Tahun Ke-15 Yamaha Indonesia Technician Grand Prix & National SMK Contest 2016

Paket Murah BRT 2016, Silinder+Kem+Klep Rp 1.6 Juta, Model Porting Dan Durasi Kem Sesuai Pesanan

BAGIKAN