nhk

Tips Motor; Setel Sendiri Rem Combi Brake Vario CBS Techno

ManiakMotor – Combi Brake Syestem (CBS) yang ada di Honda Vario tergolong pintar. Ya, sekali tarik tuas rem disebelah kiri, rem depan dan belakang secara bersamaan akan ngerem. Pasti ngerem, namanya juga rem. Masa ngegas? 

Meski canggih bukan berarti piranti ini tak ada masalah. “Rem depannya seperti kurang pakem dibanding biasanya,” keluh Nur Damayanti, pemilik Vario Techno CBS 2010 yang juga siswa SMK Panca Bhakti jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) itu.

Wachid Hasan, guru jurusan Teknik Sepeda Motor (TSM) hal itu bisa diatsi dengan cara setel ulang Connecting Cable(CB) di dalam batok persis di bawah spidometer. Menurut si guru, hal ini bisa dilakukan sendiri, biar pun yang punya cewek, asal mau pasti bisa karena memang gampang.

 Yuk, dicoba… Langkah awal, seperti biasa tempatkan motor di tempat lapang dan standar tengah. Urusan begini, cewek juga gampang, apalagi kalau tomboi. Juga ceweknya tipikal bikin pacar dan suami ngeper, karena lebih sangar, pasti kuat. Apalagi, cuma bikin yang tadinya kurang berdiri jadi berdiri tegak. Standar tengah maksudnya, hahaha

{Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Setelah itu, siapkan kunci-kiunci yang diperlukan. Ada 3 kunci; obeng kembang, pas 10 dan 12. Pertama yang dikerjakan membuka batok lampu pakai obeng kembang, jangan lupa simpan rapi baut-baut yang dilepas. Kalau perlu ada wadah khusus untuk baut dab sekrupnya termasuk kunci-kuncinya.

Nah, ”Tuh kelihatan, rangkaian CB yang dimaksud, sebelah kanan persis dibawah master rem. Lalu, kendurkan baut pengunci CB dengan kunci pas 12 kearah berlawanan jarum jam (kiri). Pokoknya yang namanya baut dan mur untuk mengendurkan itu ke kiri. Untuk setel ulang ketegangan CB, putar mur-nya pakai kunci pas 10,”urai Pak Guru calon ayah itu.

Btw, kemana mutarnya pak? “Kalo keatas (searah jarum jam), kekencangan kabel berkurang, pengereman roda depan juga berkurang. Kolo kebawah (berlawanan jarum jam) kekencang kabel bertambah, rem depan lebih pakem dan belakang agak berkurang dikit. Tapi kan pengereman persentase depan yang pakem,”terangnya lagi sambil bilang sampai disitu silakan coba dulu, kalo sudah pas langsung kencangkan kembali mur dan baut pengunci CB. Jangan lupa pasang kembali yang tadi dilepas.

Mudah kan? Ardel

BACA JUGA

Kata Artis: Helm Adalah Kepala Sampeyan..!

Tips Motor, Pasang Kondom Tangki Benar, Tangki Asli Tanpa Lecet..!

Tips Motor; Cara Atasi Lampu Sein Mati Sebelah

Tips Motor: Salah Pasang Rem Cakram Besar, Malah Blong

Tips Motor; Korek Harian Subtitusi Part Standar, Murah Gan…!


 

 

BAGIKAN