nhk

Tips Motor: Setelah Mio Bore Up 155, Rasio-nya Pakai Perbandingan Ini..!

ManiakMotor – Walau pun matic, dasarnya tetap ada gear ratio. Gir ini yang menghubungkan kruk as dan CVT. Standanya Mio yang masih karbu menggunakan 13 42.

Itu sudah terlalu ringan untuk spek Mio Nakal milik Wildan Zuhdi, soal speksifikasinya lihat foto. Yang jelas Mio ini sudah 155 cc dengan klep 28/24, “Nah kalau sudah begitu, rasio menentukan untuk perjalanan jauh. Saya hanya fokus perbandingan 14:40,” kata Wildan yang aktif di medsos soal Mio-nya. Mio Wildan ini pernah ditulis pada portal ini dan salah satunya, coba klik.

Sebelumnya Wildan sering menggunakan perbandingan gir 14:41 yang rutin. Itu menurutnya terlalu ringan dan kurang top speed untuk jarak jauh. Beberapa waktu lalu diuji Bangka – Jakarta dengan rasio 14:40. Katanya bisa bersaing dengan sport yang ketemu di jalanan.

“Kesan pertama dengan gear ratio 14-40 tarikan awal terasa sedikit lebih berat, agak ngeden sikit. Lalu saya seting karbu. Maka pas ketemu trek panjang rasanya sedap sekali. Itu dikombinasi dengan pulley M3 dengan bobot roller 8 gram sebanyak 5 biji. Mantap,” tambah Wildan.

Pas di jalan katanya dia berpapasan dengan turing bareng komunitas seperti Honda CB, Tiger, King, R15, CBR, Nmax dan sebagainya. Alhamdulillah katanya Mio Nakal bisa ngimbangin mereka. “Iseng coba tes top speed persahabatan dengan rekan-rekan  komunitas. Masih bisa di depan,” cocor Wildan.

Jadi kesimpulanya, gear ratio 14-40 cocok dengan Mio spek 155 cc pakai klep besar. Sekali lagi klik di sini untuk mendapatkan spesifikasi lengkap Mio Nakal ini, agar bacanya tuntas. Wildan

BAGIKAN