nhk

Tips Motor; Setting Sokbreker Belakang Aftermarket Versi Ulir

ManiakMotor – Sokbreker belakang aftermarket macam-macam, ya harganya aneka dompet, hehe. Samakin membuat dompet menipis, kualitasnya jaminan. Tapi ada saja yang tidak paham, yang sok tahu sih banyak. Macam sok alias sokbreker yang sifatnya ngeper terus pada motor sampeyan. Memang seperti itu fungsi peredam kejut.

Suhartanto alias Kupret, jangan lihat namanya yang Kupret. Tapi ilmunya coy. Dia teknisi tim IndoPrix Honda Daya Daytona NHK IRC. Nah si Kutu, eh Kupret akan berbagi settingan soal sokbreker aftermarket. Tentu saja untuk harian, lha di IP saja dia sanggup, kok. “Semua sokbreker harus disetel sesuai bobot pengendara dan kebutuhan itu motor,” jelas Kupret yang markasnya di Kebun Jeruk, Jakarta Barat.

Berbeda dengan bawaan motor yang telah disetting paten dengan rata-rata bobot dan kontur jalan di Indonesia. Aftermarket tidak menganut prinsip tersebut. Untuk harian yang masih di bawah Rp 1 jutaan lebih simpel setelannya. Tapi di atas Rp 3 jutaan, nah itu sudah ada klik rebound.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Tapi di sini harga sedang-sedang saja yang rata-rata laku di pasaran dengan tampilan racing. Tipe ini ada yang model klik bertingkat dan ulir. Untuk klik, semakin tertekan atau pernya memendek, itu sama dengan pegasnya makin keras. Per dengan cepat membalikkan ke posisi awal. Setingan keras cocok buat motor yang setiap hari berboncengan. Juga sering memikul beras 100 kg, misalnya.

Sedang ulir lebih banyak opsinya. Hitung saja, setiap naik satu ulir itu sama dengan bergerak 1 mm. Cara menyetelnya sama saja, semakin merenggang pegasnya semakin lembek, kian dirapatkan pegasnya ya keras. Semakin ulir dikendurkan sok semakin lembut atau halus, ini untuk bobot pengendara yang ringan atau sehari-hari nggak bonceng pacar atau istri.  

Sementara jika ulir setelan diputar searah jarum jam berarti dibuat keras, dilakukan untuk pengendara berbobot lebih berat atau mereka yang suka dengan kerakter sport yang bantingannya keras. Setelan begini manuver cepat, “Tapi harap diingat maunya hanya di kontur jalan yang mulus, jika bergelombang sampeyan akan capek sendiri. Pantat dipantul-pantul, apalagi sendiri,” jelas Kupret.

Intinya sekeras-kerasnya, per diputar pakai tangan masih ada toleransi bisa bergerak. Jika sudah tak bisa diputar, artinya itu kelewatan. Nah cari lagi settingan sampai pas dengan alat penyetel yang biasanya satu paket dengan sokbreker aftermarket. Cukup mengendurkan ring paling luar (ring penahan atau penguat), kemudian disusul ring kedua sebagai tatakan per yang diputar dengan alatnya. Mau keras atau mau lembut? Adit

BACA JUGA

Tips Motor; Cara Bikin Ngacir Mesin, Cukup Rp 4 Ribu Perak!

Tips Motor; Korek Harian Ninja 150 RR, Cukup Buka Port Super-Kips 2 Mm

Tips Motor: Pasang Lowering Kit New Ninja 250, Karbu, Dan Z250, Ceper..!

Tips Motor; Ganjal Per Karbu Vakum, Obat Boros Di Kota, Modal Rp 2 Ribu

 

 

BAGIKAN