nhk

Tips Motor: Sil CVT Pecah? Nih Caranya..!

ManiakMotor – Pecah atau melelehnya sil pada puli depan atau puli roller CVT, skubek akan  bergetar. Pasti menganggu, pengendara seperti digelitik. Hihi… Puli yang bekerja dengan cara menyempit dan melebar sesuai kecepatan itu, tidak simeteris putarannya. “Akibat dari goyang-goyang itu, akan muncul getaran,” analisa Sinyo, mekanik GT Speed di bilangan Cinere, Depok.

Penyebabnya sil getas akibat  suhu mesin dan bergerak terus menerus. Namanya  barang bergerak lama, ya pasti minta ganti. Kalau motor baru, buat apa ada berita tips di web ini. Kalau tidak mau begitu mendingan skubeknya dijual, ente jalan kaki. Becanda.

Jadi, kalau sudah gel-geli akibat getaran, belum pasti itu sebabnya. Iya dong, maniakmotor.com tidak bisa memastikan tanpa harus memeriksa dan tahu gejalanya. Umumnya bila motor berakselerasi, lalu muncul getaran, 99 persen dari sini sebabnya. Untuk menjadi 100 persen, yuk diperiksa bersama. Jangan sendiri, ntar kalau salah, ada yang disalahkan. 

Bongkar CVT-nya, kalau sil pecah, penyebabnya itu. Silakan ganti baru. Kalau tidak mau berkeringat, bawa saja ke bengkel. Langsung perintah mekanik mengganti sil yang dimaksud, supaya dia tidak banyak analisa. Atau ikuti cara Sinyo yang punya nama lengkap Ahmad Rizal mempraktekan pada Yamaha Mio yang memiliki keluhan getar.

Copot cover CVT nya. Setelah terbuka, kita bisa membuka puli roller yang letaknya di sebelah depan. Lalu, posisi sil yang pecah tadi ada di piringan puli sebelah dalam atau rumah roller. Kalau gak peceh, ya, tidak perlu diganti alias penyebabnya bukan dari sini. Kebetulan pada motor praktek ini, silnya peceh. “Tinggal ganti yang baru. Jumlah silnya dua, untuk dalam dan luar. Harganya Rp 15.000 per satu,” kata Sinyo yang asli Jakarta ini.

Setelah sil baru ditempatkan pada posisi aslinya, tinggal merakit ulang perangkat CVT. Penyakit ini bisa terjadi di motor matik jenis lain, “Cara ini bisa diterapkan pada semua skubek yang berbeda merek. Silnya juga beda. Tapi gejalanya sama,”  tutup Sinyo.

Makasih ya, sudah bantuin. MM

BAGIKAN