nhk

Tips Motor; Slipper Clutch, Ada Tuh Di Indonesia, Cuma Rp 2,5 Juta..!

 

ManiakMotor – Slipper Clutch (SC). Nama depannya saja dari kata ‘slip’, ya fungsinya untuk menslip kopling dengan otomatis. Peranti ini yang menghilangkah epek engine brake pada mesin 4-tak. Pakai ini, mesin 4-tak saat gas ditutup dan sambil turun gigi tetap meluncur seperti 2-tak. Alat ini juga yang sampai saat ini yang bikin bingung Rafid Topan di Moto2.

Ini bukan cerita di motor balap yang barangnya hanya berupa bayangan dan ceritanya teeeeeori. Tetapi ada di depan mata reporter. Barangnya terurai pula. Canggih kan. “SC ini  orisinal dari Kawasaki Ninja 300 cc yang dijual di  Amerika. Barangnya jaminan mutu, tinggal pasang tanpa penyesuaian pada Ninja karbu dan injeksi,” bilang Angga Kurniawan dari  AR-1 Anjany Racing yang jual peranti tersebut.

 SC sepintas hanya bongkahan kopling seperti biasanya. Hanya ada tambahan satu alat dan konstruksi bagian dalamnya. Tugas punya dia barang, untuk menekan pegas kopling ketika ada arah berlawanan. Yang disebut berlawanan itu, saat putaran mesin tinggi tapi reduksi pada girboks malah jadi pelan yang membuat lojakan kompresi mesin meninggi. Kan pindah gigi. Kecepatan roda dan mesin tidak sama, motor jadi tertahan.

Di saat itu peranti yang bernama pelat penekan (pressure plate)akan membebaskan daya pada kopling atau menslip. “Supaya mengerti, pelat penekan tersebut di tengah antara mangkuk kopling (clutch shell) dan dudukan pelat-kampas kopling (clutch hub). Konstruksinya saling terkait dengan hub,” tambah Angga.

Dudukan tiga kaki pada pelat penekan dan hub  dibikin miring (lihat foto). Pada saat turun gigi terjadi perbedaan putaran roda dan mesin, dengan gaya sentrifugal pelat penakan akan bergeser pada dudukan yang miring ini. Kira-kira seperti terpeleset dan otomatis menakan per kopling.

Dudukan miring berlawanan arah putar kopling saat normal. Besar kecilnya tekanan untuk menslip tergantung kemiringan dudukannya. Karena ini untuk harian bisa jadi tidak terlalu doyong atau sebaliknya untuk mensejajarkan perbedaan reduksi pada girboks dan mesin, makanya seperti 2 tak.

Intinya pelat penekan ini berlawanan cara kerjanya dengan dudukan pelat dan kampas kopling. “Kopling seperti dislip, tanpa menahan tuas kopling loh, secara otomatis pressure plate dan cluth hub merenggang seirama besarnya tekanan dari roda,” jelas Angga sembari terkantuk-kantuk saking tidak mengerti dan bingungnya reporter. Di sisi lain Angga juga baru terima tuh barang. Walah…

Namun kebalikannya, ketika mendapat beban besar dari kruk-as ketika berakselerasi, cluth hub dan pressure plate mendekap rapat, posisi ini sama saja dengan kopling biasa. Atau saat itu yang bekerka hanya hub, mangkuk, kampas-pelat yang tertekan pegasnya. Ya pokoknya seperti kopling biasalah.   

Fungsinya sliper clutch tidak melulu pada kinerja, tetapi juga safety dan kenyamanan.  Saat  terjadi deselerasi mendadak saat pindah gigi, roda tidak terkunci. Putaran roda sesuai dengan mesin, karena slipper clutch akan membebaskan daya yang sedang berlawanan dengan kompresi.

Penggunaan SC untuk Ninja 300 cc di Amerika asal SC ini sudah menjadi perangkat standar untuk harian. Silakan ditebus Rp 2,5 juta. Untuk saat ini baru untuk Ninja karbu dan injeksi di Jl. Arteri Kelapa Dua No. 21 Kebon Jeruk, Jakarta Barat, itu loh AR-1 Anjany Racing. Portal ini sempat mencoba Kawasaki ninja 250 Fi milik Angga yang telah dipasangi peranti tersebut, waw mantap. Pokoknya tinggal pasang menggantikan kopling bawaannya dan hubungi di 021-53679239, bisa juga invite pin BB 2A9DA35A. Jangan lupa, bilang dari maniakmotor.com. Adit

BACA JUGA

Tips Motor; Quick Shifter Murah, Pakai Switch Lampu Rem, Silakan Coba..!

Tips Motor; Cara Atasi Suzuki FU Susah Hidup, Ganti Pilot-Jet

Tips Motor: Ganti Ring Piston Saja 2-Tak Dan 4-Tak, Kompresi Padat Lagi..!

Tips Motor; Baut High Class, Rp 1.8 Juta, Bak Kopling Saja

Tips Motor: Cek Kondisi Elektrik Starter Honda CS1

 

BAGIKAN