nhk

Tips Motor Standar: Ampelas Karet Vakum Karbu, Putaran Tinggi Mantap..!

Yang belum diampelas kiri dan kanan yang sudah

ManiakMotor – Cerita karbu vakum berarti motor lama. Saat ini sudah era injeksi bro. Tetapi saja trik ini lumayan. Tujuannya agar skep lebih tinggi dan lebih cepat pada putaran tinggi. Jarum skep vakum pada karbu vakum akan terangkat lebih. Caranya menghilangkan ‘ganjalan’ bagian vakum yang saling mendekap.  Kata mekanik ‘penemu’-nya sih, tarikan atas lebih tajem.

Karet vakum standar, belum diampelas

Tidak perlu oprak-oprekmesin. Spuyer pada karbu pun biarkan saja standar. “Hanya mengampelas karet skep yang menonjol (lihat foto). Tonjolan ini kira-kira 3 mm dan harus rata dengan selongsong skepnya,” bilang Bangkit Ciptaning dari bengkel BT AutoRacingdi Jl. Lombok Barat, Pamulang, Tangsel yang mempraktekkan pada skep Mio.

Begini cara ampelasnya

Caranya pun mudah. Hanya modal kartas ampelas. Untuk awal gunakan dulu ampelas  yang kasar, lalu diakhiri dengan ampelas yang halus. Ya, pokonya halus. Saat mengampelasnya perlu hati-hati, agar karet vakum tidak ikut tergosok. Ya, kalau bolong, percuma dan mesin sulit langsam.

Menurut Bangkit lebih bagus diiringi memotong sedikit per skep. Tetapi, pengaruhnya sangat sedikit. Artinya, nggak dipotong juga nggak mama, eh, nggak papa. “Dengan trik sederhana ini, lebih cepat mencapai 80 km/jam untuk matik.Semua karbu vakum model begini bisa menirunya, tidak hanya Mio,” kata Bangkit yang dari tadi bangkit melulu dari duduknya.

Setelah diampelas

Lebih pas lagi, cara ini juga dipakai pada korek harian yang telah ganti kenalpot racing misalnya. Nah nafas motor lebih jalan, karena jarum skep lebih tinggi angkatannya. Bahan bakar jelas lebih deras. Ya, boros-boros dikitlah. Namanya juga mau kencang. MM

BAGIKAN