nhk

Tips Motor; Subtitusi Kampas Supra X100, Kuat Dipakai Di Blade Sampai CB150

ManiakMotor – Honda Supra X100 cc memang sudah tidak diproduksi lagi alias discontinue. Seperti biasa motor-motor produksi zaman dulu onderdilnya jaminan mutu. Terutama part fast moving motor era 90-an ini masih dilacak untuk dicangkok di motor sekarang sesama Honda.

Kampas kopling misalnya, selain kuat juga pengantar dayanya pakem. Pokoknya lebih alot dari keluaran sekaranglah. “Bahannya masih murni asbestos bahan dasar kampas. Saya bandingkan dengan motor sekarang dengan bawaan Honda Blade, ternyata lebih oke. Bentuknya sama saja, bahkan dengan Honda Tiger dan CBR150 sekalipun,” kata Agus dari Mawar Motor, Cinere, Depok.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Adi yang mantan pembalap itu tidak bicara peforma, tapi lebih pada kekuatan alias masa pakai. Buktinya secara bobot kampas kopling Supra X lebih berat dibanding Blade. Seperti yang dibilang Adriansyah, tunner dari Astra Motor Racing Team. “Pokoknya bagus deh,” kata mekanik berkulit putih ini.

Dari segi harga dibanding Blade, punya Supra lebih mahal sikit. Satu set kampas kopling yang terdiri dari empat bilah, Supra X100 dijual Rp 80 ribu, sementara Blade Rp 75 ribu. Dari segi usia pemakaian akan lebih panjang menggunakan kampas kopling Supra X.

Jika dibandingakan dengan harga kampas Tiger, milik Supra tentunya lebih murah dengan usia pakai sama dengan bawaan Tiger yang dijual Rp 110 ribu. “Cara pasangnya tidak perlu modifikasi karena sama alias tinggal ganti,” terang Kris alias genceng dari Standard Motor yang buka kios di bilangan Kebagusan, Jakarta Selatan. Adit

BACA JUGA

Tips Motor; Ganti Kampas Kopling Ninja 150, Murah Meriah Tenaga Nendang!

Tips Motor: Katup Kupu-Kupu (Butterfly) Injeksi Jangan Sembarang Bongkar

Tips Motor; Subtitusi Kampas Dan Per Kopling KX85 (SE) Untuk Kawasaki KLX150

Tips Motor; Setting Sokbreker Belakang Aftermarket Versi Ulir

Tips Motor; Cara Bikin Ngacir Mesin, Cukup Rp 4 Ribu Perak!

BAGIKAN