nhk

Tips Motor; Suzuki FU Pakai Kem (Noken As) In Vs In, Rahasia Kencang Tapi Murah!

 

ManiakMotor – Sederhana, dan bisa jadi sudah ‘basi’ soal kem Suzuki FU150 untuk buangnya pakai kem isap. Apalagi para pemilik Suzuki FU150 merka yang senang utak-atik motor yang sudah asyik. Tapi dijamin, tetap ada yang belum tahu macam si reporter ini.  Dibilang sederhana lantaran bisa langsung PnP alias plug ‘n’ play, berarti murah untuk ukuran performa.

Lonjakan power terasa, bikin ilmu ini jadi ‘jimat’ pelajar yang tak ingin FU-nya lemot. Macam Gema Alfa, siswa SMK Panca Bhakti Banjarnegara, Jateng yang sudah coba trik ini pada motornya. Hasilnya? ”Sering dapat tambahan uang jajan, lantaran sering diajak ‘main’ sesama pelajar. Hehe,” kekeh Gema. Wah, kalo bali alias balap liar,  tak perlu ditiru lah! Balap yang aman ya di event resmi, bukan di trek liaran.

Boleh juga digunakan buat brosist yang mau mudik dengan FU. Lumayan, bertenaga sampai kampung.  “Hanya ganti noken as-nya menjadi double in (isap). Kem ex (buang), langsung diganti yang isap alias ada dua noken as in,” bilang Edi Santausa dari Shan Motor Sport (SMS) di Jln. Tentara Pelajar, Banjarnegara, Jateng.

Brosist tahu sendiri, FU bebek yang  DOHC (Double Over Head Camshaft) yang artinya punya dua camshaft. Kem masuk sendiri dan buang sendiri-sendiri dengan masing-masing dua katup atau klep. “Kolo saya sudah lama menggunakannya,” jelas Wildan Zuhdi, pemilik FU yang digunakan balapan dan harian dari Bangka Belitung. Jauh amat dia.

Trik ini menaikan tenaga lantaran mesin 4-tak, salah satu kuncinya pada kem. Ukuran kem isap lebih besar dibanding buang, makanya durasi jadi jauh, angkatan (lift) dan overlapnya lebih tinggi. Cabut-cabut motor akan terasa tinggi-tinggi, ya terasalah.

Memang bisa langsung PnP, tapi suaranya macam knalpot bocor lantaran kebesaran durasi pada buang, ukurannya sama. “Baiknya durasinya diatur sesuai bentuk buang yang lama dengan digerinda atau diampelas ulang,” saran Wildan yang modifikasi motornya pernah tampil di portal ini. Dibanding beli sepasang kem racing aftermarket ataupun biaya jasa profil ulang kem, trik ini lebih murah. Iya kan, bisa beli noken-as untuk masuk hanya Rp 275 ribu.

Silakan buktikan sendiri. Soal pemasangan, serahkan langsung ke bengkel ahli. Kalo mau konsultasi,  hubungi Edi di pin BB 314DD9FA. Doi juga sedia kem ‘olahan’ untuk FU dan Jupiter, tapi bila mau  sabar, tunggu ditulisan berikutnya tentang cara pasang noken-as double in ini.  Ya, cara pasangnya pun mudah, tapi tetap harus ikuti petunjuknya bro! Ardel  

BACA JUGA

Tips Motor: Ganti Kampas Kopling Yamaha V-Ixion Tak Semata Bongkar Lalu Pasang

Tips Motor: Karet Intake Manifold Imitasi, Mudah Bocor, Cor, Cor..!

Tips Motor; Ganjal Per Karbu Vakum, Obat Boros Di Kota, Modal Rp 2 Ribu

Tips Motor; Kohar Piston NPP, Murah-Meriah-Kencang, Hanya 200 Ribu!

        

BAGIKAN