nhk

Tips Motor; Thai Look, Taiwan Look, Cina Look dan Indonesia Look

Thai Look

 ManiakMotor – Demam Thai Look pada motor sama dengan didandani ala Thailand Style. Ini sudah tak asing. Eiit, tetap asing saja tuh. Maksunya, penggemarnya selalu ingin tahu perkembangan Thai Look saat ini. Apakah masih begitu-begitu saja, atau makin kinclong yang lebih mewah yang bukan norak seperti dulu.

Firman dari Boy Speed Shop di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan, bilang, selalu ada perkembangan. Bila dulu hanya bermain striping, saat ini sudah semua komponen punya aliran negeri Siam yang saat ini masih berkabung dengan wafatnya rajanya. “Bahkan  sudah full Thai Look. Yang ini ongkosnya  bisa seharga motor matik baru,” cerita Boy sembari mengeluarkan semua dagangannya ke depan reporter untuk disuruh foto.

Gir TK Racing
Gir dua warna dari Taiwan
Cakaram PSM
Cakram PSM dari dulu dikira Thai Look, padahal Taiwan Look

Tampilan yang disodorkan Firman memang menggoda dengan warna-warni anodais yang bisa bikin silau mata dan akhirnya silau dompet. Kata orang sih lapar mata dalam keadaan ekenomi Indonesia yang sedang lapar juga. Soal, kinerjanya urusan belakangan.

Toh, fungsinya aliran yang satu ini lebih pada tampil beda. Bahkan bisa ditemukan sokbreker teleskopik bebek yang up-side down. Sekali lagi, soal kualitas redamannya, kan sudah dibilang tadi urusan nanti.

Menurut Koh Setyo dari TK Racing, Thai Look saat ini sudah campuran. Ada juga Taiwan Look yang dikira produknya dari Thailand. Bahkan Cina Look. Padahal, “Dari segi kualitas sudah jauh berbeda, unggul Taiwan, dari warna dan penampilannya,” jelas Koh Setyo yang terkenal dengan  Polaris 99 di Kebun Jeruk III, Jakarta Kota yang isi tokonya tak kalah kinclong dari Thai Look.

Barang yang beredar berupa aksesori macam baut, mur, pelek, sokbreker dan sebagainya.  Yang paling menonjol slang rem, sokbreker depan yang tabungnya kayak ‘nano-nano’ dan sokbreker belakang yang pegasnya menggoda dan stiker striping. 

“Kalau produk saya sebut saja Indonesia Look, karena sudah banyak produk yang capnya AHRS,” timpal Asep Hendro, juragan AHRS di Depok yang bilang bila dikumpulkan semua aksesori motornya tak kalah dengan Taiwan Look, Cina Look dan Thai Look sendiri.

BAGIKAN