nhk

Tips Motor; Tuas Rem Cakram Berat, Awas Debu dan Air!

ManiakMotor – Musim hujan belum selesai ditambah lagi debu di kawasan Timur Jawa dari letusan Gunung Kelud. Selain filter udara dan saluran-saluran pernafasannya, di luar itu adalah rem motor sampeyan bro!

Komponen ini senantiasa dilakukan pengecekan berkala. Misalnya saja debu terbawa air, akan ‘mengampelas’ permukaan kampas rem membuatnya tak rata. “Ada lagi yang kerap menghinggapi penyakit rem hidrolik, yakni tuasnya berat,” buka Syahrul Salam, ST, staff pengajar di SMK Panca Bhakti, Banjarnegara, Jateng.

Penyakit ini meskipun sudah diatasi ganti kampas rem dan minyak rem, tuas rem masih saja terasa berat. Katanya,  hal tersebut dikarenakan engsel rem yang ada pada kaliper kotor dan kurang pelumasan, yang menyebabkan piston rem tidak bisa bergerak dengan leluasa.

Untuk mengatasi hal tersebut yang perlu melakukan membersihkan komponen engselnya. Melakukannya seperti tips yang sering ditulis di portal ini soal bongkar pasang rem. Terutama dudukan atau bracketkaliper rem dilepas.Selanjutnya mengurai engsel dari kaliper.

“Biasanya bagian engsel yang terdapat pada bracket ini susah untuk dibuka. Penyebanya  karat ataupun debu yang sudah menumpuk. Untuk itu harus menggunakan cairan penetran untuk  melepasnya,”bebernya.

Setelah engsel terlepas tinggal husss, diusir debu dan kotoran. Debu dan kotoran yang terdapat pada engsel disebabkan karena karet pelindung rusak sehingga perlu diganti dengan yang baru.Olesi dengan vaselin atau gemuk pada engsel tersebut sehingga pergerakannya bisa lancar kembali. Setelah semuanya terolesi rakit kembali komponen rem cakram tersebut. Ardel

BACA JUGA

Tips Motor; Cara Rawat Rem Cakram, Cek Karet Braket Kaliper

Tips Motor; Cara Usir Bunyi Cieeeeett Pada Cakram…!

Tips Motor; Kampas Rem Digerinda Anti Seret, Ilmu Balap!

Tips Motor ; Papas Kampas Rem Untuk Cakram Yang Berumur

  

BAGIKAN