nhk

Tips Motor: Uji Dyno Bearing/Laher TK Racing Kruk-As Ninja 150, Naik 5 DK..!

Laher TK Racing

ManiakMotor – Biasanya sih berlomba ganti CDI, knalpot, karburator dan zaman sekarang sudah piggy back dan ECU, semua itu untuk dongrak tenaga. Tapi lupa sampeyan coba ganti laher atau bearing kruk-as yang hasilnya nggak kalah. Kalau untuk motor balap benaran, sudah pasti menggunakan laher kruk as  high speed  untuk meringankan mekanis kruk-as sebagai pusat torsi.

Tapi sodara-sodara yang budiman, laher high speed banyak model dan merek. Jangan salah beli, mahal pula, di atas Rp 1.500.000 sepasang. Kalau TK Racing hanya separuhnya, tapi ampuh. “Di Ninja 150 standar bisa menaikan tenaga dari 3 – 5 dk. Torsi juga lebih cepat. Laher std untuk mencapai 27 dk butuh 6 detik yang ini 3 detik di gigi tiga mencapai 33 dk,” jelas Ahak, mekanik di Jakarta. Ahak ini di era balap 2 tak termasuk papan atas di Indonesia.

Ahak awalnya memang tarkaget-kaget saat mengganti laher Ninja 150 Kawasaki Ninja 150 S 2T milik konsumennya. Dia iseng wae mengganti laher kruk as milik TK Racing. Namun motor cepat berubah galak, padahal masih dengan knalpot telo yang standard dengan CDI bawaan pabrik seperti foto Ninja ilustrasi. Makanya Ahak membawa motor tersebut ke Polaris 99 di Kebun Jeruk III, Jakarta Kota untuk menuntaskan penasarannya.

Tentu saja Ahak akan menguji di meja dyno milik Polaris. Palaris mau-mau saja karena sebagai ditributor TK Racing, hehe. Hasilnya memang bikin kaget, pakai laher TK no 63/22 itu, tenaga top Ninja 150  jadi 33 dk. Jelas juga torsi naik, kan lahernya ada kruk-as sebagai biang torsi tadi, bergeraknya jadi 24.21 Nm dari 21.60 Nm.

Laher TK Racing
Saat dyno

Asal tahu saja, tenaga asli Ninja 150 dari pabriknya 26 dk. Karena Ninja ini sudah bekas pakai, namun kepala silindernya sudah diutak-atik sikit, pakai laher standar adalah 27 dk. Pengujiannya berlangsung dari gigi 1 sampai top gear. Sedang yang tertera ini dari hasil gigi 3. Pengujian juga menggunakan laher standard dan TK Racing pada motor yang sama. Tuh lihat fotonya, bongkar pasangnya nggak lebih dari sejam, menkanik balap bro.

Bearing atau laher sebagai bantalan kruk as memiliki bola-bola atau peluru pada silindernya. Kuncinya pada silinder dan peluru yang singkat gesekannya, saking licinnya, “Coba saja putar dengan tangan, sangat halus. Laher juga lama berhentinya dibanding standar,” jelas Rudi Setio, bos Polaris 99 yang bilang laher ini berteknologi Eropa, juga sebenarnya ada dua produk yang beda harga. Yang lebih murah saat dicoba pada dyno juga menaikan tenaga  2 – 3 dk. Sedang yang rada malah harganya antara Rp 750 – 850 ribu bisa 5 dk.

Mantap bener kan bro sparepart racing yang satu ini, ingat loh, itu cuma bearing apa lagi di tambah item lain. Tersedia untuk semua motor Jupiter, RX-King, Force 1, dan Ninja 150 R, Ninja RR, Kharisma, Honda Blade 110/125 cc dan sebagainya. Gimana sampeyan tertarik? Lansung kunjungi Polaris 99 Jl.Kebon Jeruk III No.99, Jakarta Barat 11160 CP: Yani (Sales support), Telp: 021-62309552-98209518 atau – Polaris 51 Jl.Kebun Jeruk III No.51,Jaksarta Barat 11160  (sales support), Telp:021-6592128. Bisa pula langsung ke http://www.sukamol.com/ portal suku cadang jual beli on line. Prat

BAGIKAN