nhk

Tips Motor: Usai Bore-Up Mesin Cepat Panas? Nih Sulusinya

ManiakMotor – Ini tips dari Wildan Zuhdi. Dia penggemar Mio berat yang eksis di sosmed. Katanya bnyak pertanyaan yang masuk ke FB-nya. Mereka mengeluhkan tetang mesin yang habis bore-up lebih mudah  panas. Malah baru jalan 10 km mesin udah over heat.

“Macam mana dipakai turing luar kota, kalau baru jalan sebentar mesin udah minta berhenti untuk minta didinginkan? Nggak sampai-sampai dong,” kata Wildan menirukan nitizen yang bertanya.

Ada beberapa faktor utama usai bore-up mesin mudah naik tempraturnya. Pertama rasio kompresi mesin berubah ketinggian. Itu karena pertukaran struktur mesin dari diameter kecil jadi besar. Apalagi kalau tukang bubutnya hanya sekadar bubut tanpa menghitung ulang kompresi.

Klep juga jangan lupa

Kedua dengan membesarnuya kapasitas, setingan karburator – kalau masih pakai karbu – kekeringan. Spuyer dan duara harus diatur ulang. Ketiga adalah oktan bahan bakar yang terlalu rendah.

Solusi buat yang pertama soal kompresi adalaah perbandingan buat harian yaitu maksimal 11,5:1 dengan bahan bakar Pertamax. Jika tak bisa ukur rasio kompresi mesin, boleh menggunakan patokan Mio milik Wildan yang terkenal dengan Mio “Nakal”-nya.

Tuh kasih tahu ke tukang bubut menggunakan deck clearance piston (jarak piston pada dinging kepala silinder) diset pada 0,7 mm. Angka itu sebelum pasang paking kepala silider. Lalu, “Jenong atau dome alias puncak piston maksimal 1,5 mm, angan lebih dari itu semoga  tahan geber buat turing dengan bahan bakar pertamax 92,” tutur Wildan yang sudah membawa Mio Nakal-nya turing Jawa-Sumatera.

Solusi buat yang kedua. Atur ulang ukuran spuyer disesuaikan dengan permintaan mesin. Biasanya minta lebih besar dari yang lama. Jika ada alat ukur AFR (air fuel ratio) meter angkanya bisa disetel pada 12,5:1 rata dari  bawah. Dijamin aman deh.

Solusi yang ketiga adalah Setelah mesin di upgrade, pakelah BBM yang sesuai dg angka rasio kompresi mesin biar mesin gak ngelitik/ detonasi. Detonasi adalah pembunuh utama performa mesin kita. Juga buat yang sudah injeksi solusi sama, tapi ECU-nya harus minta diprogram ulang di bengkel resmi. Wildan

BAGIKAN