nhk

Tips Motor; Usir Berisik Rantai Keteng Suzuki FU

ManiakMotorGema Alfahrizi, pelajar SMK Panca Bhakti, Banjarnegara, Jateng, penunggang Suzuki Satria FU 150 curhat sama gurunya. Katanya, belakangan ini motornya sering timbul bunyi berisik, tek..tek..tek..di sisi kiri mesin saat digas. Macam jualan nasi goreng tek-tek. Hasil investigasi si guru, bunyi itu muncul lantaran rantai ketengnya sudah kendor.

Konstruksi rantai keteng atau rantai kamprat alias rantai kecil penghubung noken-as dan kruk-as FU itu memang lebih panjang. “Gampang kendor. Memang ada tensioner adjuster yang mengengcangkan otomatis. Tapi, umur tensioner pun kadang tak lama atau bersamaan kendornya rantai,” kata Syahrul Salam, ST  si guru tadi seraya menegaskan penyebab lain kendornya rantai klep lantaran pelumasan yang kurang.

Umumunya umur rantai ya sekitar 1 tahun-an tergantung penggunaan sehari-hari. Setelah itu akan muncul bunyi tadi. Bagi mandor perusahaan yang banyak dapat lembur, pastilah nggak masalah. Apalagi buat karyawan kantor yang gajinya besar, beli rantai keteng kisaran Rp 145 ribu (belum ongkos pasang) dan tensioner adjuster  Rp 70 ribu-an mah eces.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Menurut Pak guru tadi, selain disebabkan rantai keteng yang kendor, bunyi tadi juga disebabkan  konstruksi  tensioner adjuster yang pendek.  Lain cerita bila ukurannya lebih panjang, rantai keteng pun tidak cepat berisik karena tertekan terus, ketegangannya bisa dijaga.

Pak Guru menemukan jawabannya  setelah ‘berselanjar’ di internet.  “Ini ada modifikasi tensioner, ukuran stut-nya lebih panjang. Batang penekan yang berisi per di tengah tensioner diganti baut panjang yang diameternya sama dengan stut aslinya,” kata guru gaul seraya bilang tensioner modifikasi bisa minta tolong tukang bubut biar dibikinin ulir agar bisa disetel-setel.

Wawan Kristianto, mekanik Abakura Dirta Jaya yang terkenal pengorek FU Solo drag bike, menyatakan bila mengganti penonjok aslinya dengan baut, adjusternya berubah manual. Katanya setiap saat akan disetel ketegangan rantai, bila sudah mulai berbunyi lagi. 

Tetapi, “Ada versi yang tetap otomatis. Caranya mengganti penonjoknya dengan Suzuki Smash atau menambah daging ujung penonjok aslinya. Boleh dititik dengan las atau diganjal pelat yang jadi cincin ujung penonjok. Anak-anak FU sih sudah banyak yang menggunakan dua versi ini. Namun tetap hati-hati dalam menentukan setelannya, bila terlalu menekan rantai keteng, rantai bisa putus. Nah ini lebih rugi, karena piston dan klep akan tabrakan. Ancur mesin, mas,” jelas  Wawan sembari menyarankan untuk dikerjakan mekanik yang berpengalaman.

Tuh dengar eh baca. Ardel

BACA JUGA

Tips Motor; Baut High Class, Rp 1.8 Juta, Bak Kopling Saja

Tips Motor: Cek Kondisi Elektrik Starter Honda CS1

Tips Motor; Rebus Aki Jadi ‘Awet Muda’

Tips Motor; Paking Kertas Imitasi, Mesin Rontok..!

Tips Motor Korek Harian; Trik Karburator Diameter Gede Ngook..!


BAGIKAN