nhk

Tips Motor; Usir Bunyi CVT Matik, Modal Koran Bekas

 

 

Maniakmotor – Munculnya bunyi taktaktakyang bukan artinya tak mau tak mau diseputaranCVT idisebabkan bearing alias laher pulley sekunderyangoblak. Sebut CVT adanya di motor matik, ya kan. Bearing yang bunyinya ngesalin itu adanya di cover bak CVT bagian belakang (gbr1).

Selain suara kasar yang sudah pasti reseh dan risih pada itelinga, juga mengganggu kerja kampas ganda. Si kampas ini tak rata dekapannya untuk menyalurkan daya ke roda. Akselerasi matik juga bakalan lelet. Makanya harus cepet dibetulin dengan modal koran bekas.

Mencopot lahernya butuh treker khusus dan ternyata tidak semua bengkel atau mekanik punya alatnya. Makin puyeng lantaran treker tadi jarang ditemui di toko peralatan. Kolo di kota-kota besar mungkin mudah atau di bengkel resmi, tapi bila di kampung dan darurat, ya baca terus artikel ini. Apalagi kolo bulan tua, fulus seret. Karena kontruksi lahernya tertanam, coba lihat ulang gbr-1.

Langsung kerja, siapkan koran bekas tabloid bekas yang tulisan motornya sampah juga nggak apa-apa, bisa juga pakai buku sampeyan waktu zaman SD dulu, hehe. Lalu as roda atau baut 12 yang penting diameternya masuk dan klop pada  lubang tengah laher dan palu.Siapin juga segelas air mineral, Air ini fungsinya untuk membasahi koran/kertas tadi biar mengeras (gbr2).

Lanjut proses kerja. Sekarang masukkan sedikit demi sedikit kertas basah tadi ke lubang tengah laher hingga penuh sembari digetok dengan as dan palu tadi (gbr3). Silakan ulang proses ini sampai laher tadi terlepas (gbr4). Artinya melepasnya nggak butuh treker dan nggak merusak bak CVT. Fungsi koran yang basah itu untuk mendorong laher dari dudukannya.

Gampang kan, tinggal beli laher. Caranya catat kode laher, bila perlu  bawa saja aslinya nanti toko laher yang akan menyamakannya. GS

BACA JUGA

Tips Motor: Dua Kiat Merawat Fuel Injection (FI)

Tips Motor: Meningkatkan Tarikan Awal, Modal 75 Rupiah

Tips Motor; Kohar Kawasaki Ninja 150, Naik 12 Dk Dicari Para ‘Cabe’

Tips Motor: Pasang Kopling Manual SYS Pada Jupiter Z1, Tarikannya Kontan

Tips Motor: Pola Ban Depan-Belakang Kudu Sama!

BAGIKAN